IMPLEMENTASI INTELLEGENCE KINESTHETIC DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA KELAS 5 DI MI MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

Putri Dwi Liestiyani(1*), Dwi Anita Alfiani(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas siswa disebabkan oleh kurang maksimalnya penerapan kecerdasan kinestetik di sekolah. Pengembangan kecerdasan kinestetik ini sangat berkaitan dengan potensi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui intellegence kinesthetic siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, (2) mengetahui potensi siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dan (3) mengetahui hambatan yang di hadapi siswa dalam mengembangkan potensi diri siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon.

     Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian survey (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah informan kunci yaitu kepala madrasah, perwakilan bidang kurikulum, wali kelas 5 dan siswa kelas 5 selaku dalam menerapkan kecerdasan kinestetik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data (data reduction), display data (data display), dan menyimpulkan atau memverifikasi (conclusion drawing/verification) dengan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.

     Hasil penelitian mengenai implementasi intellegence kinesthetic yang diterapkan oleh guru sudah diterapkan dengan baik. Dalam penerapan intellegence kinesthetic guru telah melakukan pembalajaran untuk melatih psikomotor anak yaitu salah satunya dengan membimbing siswa dalam membuat kreativitas keterampilan tangan menggunakan barang-barang bekas seperti membuat kotak tisu, vas bunga, kemoceng, tas dan lain sebagainya. Kemudian hasil penelitian mengenai potensi diri siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dalam menyebarkan angket potensi diri bahwa siswa cenderung cukup memiliki potensi yang ada di dalam diri siswa kelas 5.

Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Potensi Diri.


Full Text:

PDF

References


Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. 5(1), 28–45.

A Arifmiboy. (2017). Multipple Intellgence : Mengoptimalkan kecerdasan anak sebagai upaya dalam mempersiapkan generasi emas masa depan. ecampus.iainbatusangkar.ac.id.

Acesta, A. (2019). Kecerdasan kinestetik dan interpersonal serta pengembanganya. Surabaya: Media sahabat cendekia Pondok Maritim Indah Blok PP-7.

Arum, I. M. (2016). Implementasi Pembelajaran Islam Terpadu Dengan Pendekatan Multiple Intelligence Di Sd Ptq an-Nida Salatiga. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and …, I(1), 59–88. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i1.59-88

Arya, I. (n.d.). Implementation intelligence kinesthetic early childhood children learning through dance nusantara indonesia.

Efendi, M. Y. (2018). Konsep Multiple Intelligences Dan Implementasnya Dalam Mengembangkan Kecerdasan Peserta Didik Di Sd Kita Bojonegoro. JEC (Journal of Education and Counseling), 1(2), 123–131. https://doi.org/10.32665/jec.v1i2.59

Fajrin, L. P., & Setiyatna, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Outbound. ABNA: Journal of Islamic Early …, 1(1), 93–103. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/3245

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

H.Malikhatul. (2019). Strategi pengembangan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran penjasorkes. Jurnal.pnj.ac.id.

Haristo Rahman, M. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022

Kemenag. (2019). Quran Kemenag.

Nada, R. K. (2019). Mengembangkan Potensi Anak Melalui Implementasi Multiple Intelligence ( Studi Analisis Di Sdit Bina Anak Sholeh Yogyakarta ). Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Dasar, 2(2), 48–63.

Pusposari, D. (2017). Pendidikan yang Demokratis dalam Era Global. Seminar Nasional: PS PBSI FKIP Universitas Jember, 83–98.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Randa, Y. (2016). êµ­íšŒì„ ì§„í™”ë²•â€™ ì— ê´€í•œ ë³´ë¡ No Title’. 입법학연구, ì œ13집 1호(May), 31–48.

Safitri, M. (2020). STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCESDALAM PEMBELAJARAN. ejournal.iainlhokseumawe.ac.id.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Termini, E., Description, F. P., Street, D., Id, B. S., Schedule, E., Code, F. F., Funds, F., Code, S. F., Funds, S., Funds, L., Funds, T., Lindsay, D. S., Nosek, B. A., Key, I., Order, N., County, C., District, A., County, M., Works, P., … Components, A. P. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 21(1), 1–9.




DOI: 10.24235/ijee.v3i2.11001

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â