Pengaruh Metode Permainan Rangking Satu Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di MI Neegeri Kota Cirebon

Sekar Nurfriana(1*), Patimah Patimah(2), Ummi Nur Rokhmah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan rangking satu dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Negeri Kota Cirebon. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest postest design . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Negeri Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden 21 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes isian yang terdiri dari 10 soal yang diberikan pada pretest dan posttest , observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis melalui uji N-gain, dan uji beda meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji t menggunakan program SPSS versi 16.0untuk jendela . hasil berdasarkan penelitian, diperoleh hasil belajar pretest siswa sebesar 45,23 dan hasil belajar postest siswa sebesar 89,52 . Berdasarkan penelitian hasil uji t menggunakan program SPSS versi 16.0 for Windows nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan demikian terdapat pengaruh metode permainan rangking satu dengan hasil belajar IPS kelas V hal ini didukung dengan hasil uji N-gain sebesar 0,84 dengan kategori tinggi artinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode permainan rangking satu tergolong efektif dan baik.


Keywords


metode permainan rangking satu, hasil belajar, materi IPS

Full Text:

PDF

References


Scientific Journal Articles

Atmojo, T. (2013). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Journal of Elementary Education

Cahyani, P. R., Sulistiasih, & Sarengat. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal FKIP Universitas Lampung

Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1)

Kawuryan, M. &. (2013). EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, Volume 6, Nomor 2

Khoirunnisa, E., & Bermi, W. (2021). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Lubab: Jurnal Penelitian 5 (September)

Laili, L. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Ranking One CiVc Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Leni Masnidar Nasution. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah Vol.14(1), 49–55.

Mardiah. (2013). Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI

Marxy, Anastasia (2017). Pengaruh Model Permainan rangking satu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika Vol.02, No.02

Maslani. (2016). Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui permainan (game) ranking 1 pada materi norma dalam kehidupan bersama di kelas VII A SMPN4 Pelaihari. . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Mitra, J., & Volume, P. (n.d.). Metode-Permainan-Dalam-Pembelajaran-Bahasa-9B303Dc4. 1(1), 61–77.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1)

Patimah, M. (2016). Pendidik Dalam Penegembangan Kurikulum. Al Ibtida

Patimah, M. M. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS 5D MI AN-NIDHOMIYAH CIREBON. al-Afkar, Journal for Islamic Studies

Permatasari, H. d. (2019). Penerapan Metode Permainan Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar . Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Zukira, A. H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Alkhairaat Towera Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKn.Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4

Buku

Bachtiar. (2013). Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jihad, A. d. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rida Agustina, S. M. (2021). Statistik Pendidikan 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Thesis/Dissertation

Situmorang, M. (2016). Pengaruh Permainan Rangking 1 Berbantuan Media Kartu terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi SMA Gajah Mada Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.10963

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â