IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN TATA CARA WUDHU SISWA KELAS 1 DI MI ASH-SHIDDIQIYYAH

Ayu Sari'a(1*), Aceng Jaelani(2), Dwi Anita Alfiani(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKHNURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa masih terdapat kekurangan, misalnya dalam berwudhu, sebagian besar masih banyak yang tidak sesuai dengan urutan rukun maupun gerakannya belum memenuhi kesempurnaan, karena cara membasuhnya masih asal-asalan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu siswa kelas 1 MI Ash-Shiddiqiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1, sedangkan sumber data pada peneliti ini yaitu : Guru Fikih, Guru akidah akhlak, dan Guru Al-qur’an Hadits. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yang dilakukan pada materi tata cara wudhu dengan menggunakan media gambar yang di pasangkan, hal ini agar siswa lebih mudah memahami dan dapat mengamalkan bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar. Pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu setelah menerapkan model pembelajaran picture and picture dari 11 siswa kelas 1 terdapat 6 siswa yang tergolong memiliki pemahaman dan pengamalan tata cara wudhu yang baik dan benar sedangkan 5 siswa lainnya dalam pengamalan belum sempurna dalam gerakan wudhunya. Faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman tata cara wudhu siswa kelas 1 diketahui karena kurangnya kesiapan siswa ketika belajar, metode pembelajaran yang guru terapkan. Adapun faktor yang mempengaruhi pengamalan diketahui daya serap setiap anak berbeda dan teman sebaya.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Imperial Bhakti Utama.

Athaini, F. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN 02 Kalirejo. 1(3), 47–52.

Febrianto. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA WAYANG (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMPN 1 Siman Ponorogo). 1–68.

Feryanti, Y. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEKS FUNGSIONAL PENDEK TENTANG ADVERTISEMENT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XII-TKRO-2 SMK NEGERI 3 BONDOWOSO SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru, III (1), 1–9.

Ghufron. M. Nur, D. (2012). Teori-Teori Psikologi. AR-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamdani. (2013). Strategi Belajar Mengajar. CV Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Humairah, Zativalen, O., & Nurhasanah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika MI Muhammadiyah I Payaman. Jurnal Jendela Pendidikan, 02(01), 82–86.

Ismah, & Aisy, Rihadatul, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7 (2), 85–90.

Krisnawati, C., Saleh, K., & Nurbaiti. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN SUB TEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(1), 36–43.

Kristina, Diah, P., Arka, W., & Wati, Kurnia, Nyoman, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2.

M, Julian, J. &, & Alfred, J. (2008). The Accelerated Learning for Personality. Pustaka Baca.

Najmi, H. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI CARA BERTAYAMUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Oleh Hayatun Najmi SD Negeri 006 Rambah Article History Received Accepted : August 2020 : October 2020 Abstract Published : November 2020 Keywor. Jurnal Pendidikan Rokania Vol. V (No. 3/2020) 401 - 413, V(3), 401–413.

Riduan, M. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 3 Marabahan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1), 41–50.

Septiana, Samitra, D., & Yuneti, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA. Journal Science Education, 2(1), 34–41.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). Alfabeta.

Suriati. (2021). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL APPLICATION OF DEMONSTRATION METHODS IN IMPROVING STUDENTS. 1(1), 116–129.

Wati, N. N. K., Winangun, I. M. A., & Nirmayani, L. H. (2021). Merancang Pembelajaran Berbasis Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Kecamatan Sawan. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 172–178.

Winangun, I. M. . (2021). Penerapan Model Online Colaborative Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Social Skills dan Hasil Belajar Mapel SD IPA 1 Mahasiswa. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5(2), 150–159.




DOI: 10.24235/ijee.v3i2.10847

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â