UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SOSIAL DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLONG MENOLONG MELALUI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VI DI MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Husnul Khotimah(1*), Dwi Anita Alfiani(2),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial siswa yang kurang tepat khususnya sikap tolong menolong, saling menghormati dan sopan santun. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan perbaikan perilaku dengan penanaman nilai-nilai sosial melalui lembaga seperti sekolah yang dilakukan melalui proses pembelajaran. Nilai-nilai sosial merupakan nilai yang dianut dan terkait dengan norma atau aturan bermasyarakat dan berhubungan dalam kehidupan dengan orang lain. Penanaman nilai sosial di sekolah yaitu dilakukan melalui proses pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai- nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong melalui pembelajaran IPS siswa kelas VI. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan lokasi penelitian adalah MI Salafiyah Kota Cirebon. Subjek penelitian ini yaitu guru IPS, wali kelas VI dan siswa kelas VI. Sumber data dari data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru IPS sekaligus wali kelas VI B, wali kelas VI A dan VI C serta 12 siswa kelas VI yang berasal dari kelas VI A, VI B dan VI C dengan menggunakan teknik purposive  sampling dari kriteria nilai tinggi dan nilai rendah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa penanaman nilai-nilai sosial dalam membangun sikap tolong menolong yaitu 1) dengan cara metode pembelajaran diskusi kelompok interaktif, 2) ceramah dan unsur-unsur nasehat tentang nilai-nilai sosial disela-sela pembelajaran IPS, 3) kegiatan amal jum’at dan 4) pengadaan takziyah. Adapun nilai sosial yang ditanamkan yaitu kepedulian, tolong menolong dan kerjasama.


Full Text:

PDF

References


Adha, N., Karma, I. N., & Husniati. (2021). Identifikasi kesulitan guru dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 di SD Gugus 1 Kediri. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 218–229.

Aditya, K. W. (2018). Budaya Tertib Di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa).

Sukabumi: CV Jejak.

Annur, F., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah Nurul Huda Pekandangan Barat. Maharot : Journal of Islamic Education, 5(1), 17.

Arifin, M. M. (2016). Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik: Studi Multi Kasus di The Naff Elementary School Kediri dan MI Manba’ul Afkar Sendang Banyakan Kediri. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1).

Delvia, S. (2019). Mengulas Tolong Menolong Dalam Perspektif Islam. PPKn Dan Hukum, 14(2), 113.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Dan Akibat Memanipulasinya. 2, 244–257.

Nurindah, S., Maman, S., & Utari, I. S. (2015). Model Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan Sosial Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Agama. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1–7.

Permatasari, I. dkk. (2018). Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: CV. Mediatama.

Rahman, A. A. (2013). Psikologi Sosial: integrasi pengetahuan wahyu dan pengetahuan empirik.

Depok: PT. Rajagrafindo.

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15.

Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Kediri. Dedikasi Nusantara, 1(1), 18–24.

Sudiyono. (2020). Mrtode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sujarwa. (2014). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar : Membaca dan Fenomena Sosial Budaya.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT. Rineka Cipta. Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Depok: PT Raja Grafindo.

Willis, S. S. (2009). Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung: CV. ALFABETA. Zubaedi. (2006). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.10728

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â