Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa MI PUI Cilimus

Halimatu Sa'diyah Indi Halimatu Sa'diyah(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Game online merupakan salah satu media hiburan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang, dan banyak diminati oleh segala usia, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, game online telah berkembang pesat karena kemajuan teknologi ditambah dengan terobosan luar biasa dari internet berkecepatan tinggi. Bermain game online secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Salah satu aspek perkembangan anak adalah perkembangan sosial emosional yang meliputi perilaku anak dalam lingkungan sosialnya. Perkembangan sosial dan emosional anak merupakan dua aspek yang berbeda, namun tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa MI PUI Cilimus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain pada penelitian ini merupakan desain penelitian korelasi dengan menggunakan analis regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan V MI PUI Cilimus, dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket/kuesioner yang berisi pernyataan berkaitan variabel x (game online) sebanyak 10 nomor, dan variabel y (perkembangan sosial emosional) sebanyak 20 nomor. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan game online pada siswa MI PUI CILIMUS berada pada kategori tinggi sebesar 31%, 2) Perkembangan sosial emosional siswa MI PUI CILIMUS berada pada kategori rendah sebesar 36%, 3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa game online memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan emosi siswa MI PUI Cilimus sebesar 27,4% dan sisanya sebesar 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

References


Assingkily, M.A. & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Journal of Islamic Primary Educartion, 2(20), 19-31.

BPPK.(2018). Hasil Utama RISKESDAS 2018.Jakarta.

Dewi, Ajeng R T. Mayasarokh, Mira. Gustiana, Eva. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Vol 04, No 1.

Dinallo, A. M. (2016). Social and Emotional Learning with Families. Journal of Education and Learning Vol. 5, No. 4.

Eryzal Novrialdy, R. A. (2019). Online game addiction in addolescent: What should school counselor do? Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol. 7, No. 3.

Goleman, D. (2002). Working with emotional intellegence.Jakarta: GramediaPustaka Utama.

Herimanto, & Winarno. (2012). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, Elizabeth Z. (2013). Perkembangan Anak Edisi 1 Jilid 6. Jakarta: Erlangga.

Krista Surbakti. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.Jurnal Curere. Vol. 01.No. 01. April.

Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan Neurobiologi. ANFUSINA: JOURNAL OF PSYCHOLOGY, Volume 1, Nomor 1,.

Maria S, P. (2015). Emotional and Behaviour Difficulties in Preschool. Journal of Child and Family Studies, 24(2), 225-236.

Martinis, Yamin.&Sanan, Jamilah S. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group

Masganti. (2015). Psikologi Anak Usia Dini Jilid 1. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Misnawati. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kecanduan Game Online pada Siswa-Siswi. Psikoborneo, Vol 4, No 2 , 217-223.

Nisrinafatin. (2020). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Edukasi Nonformal.

Paremeswara, Marsanda C. Lestari, Triana. (2021). Pengaruh Game Online terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5, No 1.

Pitaloka, A.A. (2013). Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online pada Pelajar Kelurahan Gemolong, Kabupaten Seragen. Universitas Sebelas Maret.

Prihatiningsih, E. Wijayanti, Y. (2019). Gangguan Mental Emosional Siswa Sekolah Dasar. Higeia Journal Of Public Health Research And Development.

Putri, Z.A. (2020). Pengaruh Game Online terhadap Komunikasi Mahasiswa. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanto, Rahmad N. (2005). Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online Dikalangan Pelajar. Jom Fisip Volume 2 No. 2 – Oktober.

Rahayuni, et al. (2021). Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. BJE 1 (2): 65-70.

Rizma. & Rigiantim H.A. (2021). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, Volume 3, Nomor 2.

Trisnani, Rischa P. Wardani, Silvia Y.(2018). Stop Kecanduan Game Online. Madiun: UNIPMA PRESS.

Yusuf, Syamsu. (2004). Manfaat Kecerdasan Spritual dan Berpikir Integralistik dan Holistik Untuk memaknai Hidup.Bandung: Mirzan Pustaka.

Website :

http://www.ligagame.com (diakses pada tanggal 22 Februari 2022 pukul 19.20 WIB).




DOI: 10.24235/ijee.v4i1.10718

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â