IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III MIN 8 CIREBON

Ni'matul A'is(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas III kurang dan perlu adanya bimbingan lebih, masih ada siswa yang belum lancar membaca, dan masih ada siswa yang perlu dibimbing oleh orang tuanya ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga perlu adanya penelitian yang bertujuan untuk melihat dampak dari manajemen kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa.       Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi manajemen kelas di kelas III MIN 8 Cirebon. 2) Untuk mengetahui hasil implementasi dari manajemen kelas terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas III MIN 8 Cirebon. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen di kelas III MIN 8 Cirebon.         Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian yang dipilih adalah deskriptif analitik, Penelitian ini dilaksanakan di MIN 8 Cirebon. metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.         Berdasarkan hasil penelitian manajemen kelas yang baik terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui nilai rata-rata siswa kelas III MIN 8 Cirebon yang mengalami peningkatan dari sebelum melakukan implementasikan manajemen kelas dengan baik (pra siklus) yang menunjukkan persentase 65,15% dan setelah melakukan implementasi manajemen kelas dengan baik yang menunjukkan angka presentase 72,72%. Dimana angka presentase 72,72 % masuk dalam hasil persentase.Keefektifan implementasi manajemen kelas yang baik pada hasil pembelajaran berdasarkan kategori kemampuan guru dalam mengelola kelas.Kata kunci: Manajemen kelas, hasil belajar  

Keywords


Manajemen kelas, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. (2010). Inovasi Pendidikan. bandung: Pustaka; Setia

Euis, K., & Donni, J. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: alfabeta. CV.

Hamalik,O. (2007). Proses Belajar Mengajar. jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno, Satria Koni. (2013). Assessment Pembelajaran. Cet III. jakarta: bumi aksara.

Kartadinata, S. (1988). Profil Kemandirian Dan Orientasi Timbangan Sosial Mahasiswa Serta Kaitannya Dengan Perilaku Empatik Dan Orientasi Nilai Rujukan. bandung: Disertasi pada FPS IKIP Bandung.

Nugraha, M. (2018). “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran.†Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4(01):27. doi: 10.32678/tarbawi.v4i01.1769.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. yogyakarta: pustaka pelajar.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. cet-26. bandung: alfabeta. CV.

Suryana, Edeng. (2012). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. Inovasi Pendidikan.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. (2010). Pengelolaan Pendidikan. bandung: Jurusan

Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Uzer Usman, M. (2006). Menjadi Guru Profesional. bandung: PT. Mancana Jaya Cemerlang.

Wahyuningrum. (2004). Buku Ajar Manajemen Fasilitas Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Warsono, Sri. 2016. Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan 10(5):469–76.

Wiyani, A. (2013). Manajemen Kelas. jogjakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: 10.24235/ijee.v3i2.10672

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id

Â