PENGARUH ANTARA PERSEPSI PADA DUNIA USAHA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN SIKAP PADA PROfESI BANKIR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA EKONOMI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari Pengaruh antara persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosi, sikap pada profesi Bankir, dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon Fakultas Syariah Jurusan Muamalat/Ekonomi Perbankan Islam (MEPI) dengan jumlah sampel penelitian 100 responden yang dilakukan secara acak sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh positif antara: (1) persepsi pada dunia usaha dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi, (2) kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi, (3) sikap pada profesi Bankir dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Selanjutnya, terdapat Pengaruh positif antara persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosi, dan sikap pada profesi Bankir secara bersamasama dengan motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi. Oleh karena itu motivasi berprestasi mahasiswa Ekonomi dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan persepsi pada dunia usaha, kecerdasan emosional, dan sikap pada profesi Bankir.
Full Text:
PDFReferences
Alfred, Binet dan Simon, Teodore. 1996. Pengantar Psikologi Inteligensi. Terjemahan Saifudin Azwar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Azwar, Saifudin. 1995. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Baron, Robert A. 1992. Behavioral in Organizations: Understanding & Managing The Human Side of Work. New Jersey: Prentice Hall.
Denny, Richard. 1994. Sukses Memotivasi: Jurus Jitu Meningkatkan Prestasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum.
Edwards, Allen L. 1975. Techniques of Attitude Scale Construction. New York: Appleton-Century Crofts.
Feldman, Robert S. 1990. Essential of Understanding Psychology. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Gagne, Robert M. 1977. The Condition of Learning. New York: Rinehart and Winstone Inc.
Goleman, Daniel. 1996. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.
Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing: History, Principles and Application. Boston: Allyn and Bacon.
Haasen, Adolf dan Shea, Gordon F. 1970. A Better Place to Work
a New Sense of Motivation Leading High Productivity. New York: AMA Membership Management Briefing.
Hersey, Paul dan Blanchard, Kenneth H. 1990. Management: Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall.
Kiam, Victor. 1999. Enterpreneurial Quotient. http://www.eq.com/about.ep.html.
Lewis, Robert T. dan Peterson, Hugh. 1974. Human Behavior: An Introduction to Psychology. New York: The Ronald Press Company.
McGaugh, James L. 1977. Psychology: An Experiment Approach. San Francisco: Albion Publishing Company.
Mclelland, David. 1985. Human Motivation. USA: Scott Foreshman and Co.
McMahon, Frank B. dan McMahon, Yudith W. 1986. Psychology: The Hybrid Science. Chicago: The Dorsey Press.
Prakarsa, Wahyudi. 1998. Transformasi Pendidikan Akuntansi Menuju Globalisasi. IAI, Kongres VIII.
Semiawan, Conny R. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Shapiro, Lawrence E. 1998. Emotional Intelligence. Terjemahan Alex Tri Kuntjoro. Jakarta: PT. Gramedia.
Siagian, Dergibson dan Sugiarto. 2000. Metode Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Stoner, James A. dan Wankel, Charles. 1986. Manajemen. terjemahan W. Bakowatun dan Bvosco Carvallo. Jakarta: CV Intermedia.
Sudarsono, J. et al. 2002. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Jakarta:
Prenhallindo.
Sudjana. 1992. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para
Peneliti. Bandung: Tarsito.
Travers, Robert M.W. 1982. Essential of Learning the New Cognitive Learning for Student of Education. USA: Mcmillan Publisher Co.
Woolfolk, Anita E. 1993. Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon.
DOI: 10.24235/holistik.v12i2.91
Article Metrics
Abstract view : 515 timesPDF - 415 times