Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika HOTS Bertipe PISA
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, H. A., Abidin, N. L., & Ali, M. (2015). Analysis of Students' Errors in Solving Higer Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Asian Social Science, 11.
AntaraNews. (2018, Mei 8). Kemendikbud: 40 persen siswa kesulitan jawab soal HOTS. Retrieved Januari 23, 2019, from Antara News.
Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif Dari TIMSS. JRPM, 86 – 98.
Crawford, C. M., & Brown, E. (2002). Focusing Upon Higher Order Thinking Skills: WebQuests and the Learner-Centered Mathematical Learning Environment. 7.
Djaali, & Muljono, P. (2008). Pengukur dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa, 6, 12.
Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan HOTS Siswa Berdasarkan Standar PISA DAN TIMSS untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. EduMa.
JawaPos.Com. (2018, Mei 28). Nilai UN SMP Jeblok, Kemendikbud Tak Akan Hilangkan soal Tipe HOTS. Retrieved Januari 24, 2019
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. German: OCDE.
Rohima, I., & Nursuprianah, I. (2016). Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Bidang Datar. EduMa, 5, 20.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhita, R., Sjahruddin, R., & Aunillah. (2013, September). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1.
Ulifa, S. N. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2.
Wijaya, A., Panhuizen, M. H., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving contex-based PISA mathematics tasks: An analysis of students' errors. TME, 30.
DOI: 10.24235/holistik.v3i1.5566
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.