PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PEMULA DI PUSAT BAHASA DAN BUDAYA (PBB) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (Problematika dan Solusinya)

Nanin Sumiarni(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini mendeskripsikan tentang berbagai problematika dan solusi atas proses pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Dengan metode kualitatif, kajian ini setidaknya menemukan tiga kesimpulan, yaitu (1) Proses pembelajaran bahasa Arab dilakukan secara semi intensif atau menggunakan model perpaduan antara program regular dengan program intensif, dimana karakteristik dari kedua model program pembelajaran bahasa Arab. Proses pembelajaran bahasa Arab diserahkan kepada dosen masing-masing, diantaranya adalah metode langsung, metode tanya jawab, metode audio lingual dan metode tarjamah. Sedangkan median yang digunakan adalah gambar, kartu dan objek langsung; (2) Problematika pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa pemula di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) dilatarbelakangi oleh pendidikan mahasiswa. Mereka yang merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan dan hanya mengenal bahasa Arab sedikit (87.5 %) diantaranya belum pernah belajar bahasa Arab dan (12.5 %) pernah belajar bahasa Arab, sehingga motivasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab kurang, (75 %) yang belajar di kelompok rendah tidak menyukai bahasa Arab dan hanya (25 %) menyukai bahasa Arab. Di samping itu, masih minimnya media pembelajaran dan dosen yang mengajar selalu selalu bergantian serta adanya penggabungan kelas karena tidak ada dosen pengganti sehingga pembelajaran kurang efektif; dan (3) Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, antara lain: dengan memberi motivasi kepada mahasiswa agar bisa bersemangat dalam belajar, seperti mewujudkan motivasi instrumental dan integrative, menyediakan media pembelajaran yang lebih modern seperti infokus, LCD dan lain-lain, serta menyediakan dosen pengganti yang cukup untuk setiap ship sehingga tidak terjadi penggabungan kelas dan pembelajaran lebih efektif.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Mahasiswa Pemula, PBB IAIN Syekh Nurjati, Problematika dan Solusinya

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab, (Surabaya: hilal Pustaka).

Al-Khuli, Muhammad Ali, 1986. Asalib Tadris al-Lughah al-Arabiyah, (Riyadh, al-Mamlakah al-Arabiyah al-Su’udiyah).

Anshari Nasution, Ahmad Sayuti, 2010. Bunyi Bahasa, ( Jakarta: Amzah).

Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. (Yogyakarta: PT pustaka pelajar).

Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Bineka cipta).

Badawi, Kamal Ibrahim. 1407. Usus Ta’lim al-Lugah al-Ajnabiyyah dalam Mudzakarat al-daurat al-tarbawiyyah. (Al-Mamlakah al-Arabiyyah al-Su’udiyyah, Jami’at al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyyah, Ma’had al-Ulum al-Islamiyyah wa al-Arabiyyah bi Indunisia).

Bisri, Cik Hasan, 1999. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan penulisan Skripsi, (Bandung: Logos).

Departemen Agama RI, 1997. Pedoman Pengajaran Bahasa

Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam, Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama.

Effendi, A. Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat).

Fakhrurrazi, Aziz, Mahyudin, Erta, 2012. Pembelajaran Bahasa Arab, (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama).

Hamid, Abdul, dkk, 2008. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, Media), (Malang: UIN Malang Press).

Hamalik, Oemar, 2009. Psikologi Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar

Baru Algesindo).

Hermawan, Acep, 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Hernowo, 2005. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. (Bandung: Mizan Learning Center).

Hidayat, D (Makalah) Intensitas dan Efektifitas Pengajaran Bahasa Arab




DOI: 10.24235/holistik.v15i1.432

Article Metrics

Abstract view : 839 times
PDF - 3662 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.