PEMAHAMAN KEAGAMAAN PESANTREN SALAFI (Studi Komparatif Pondok Pesantren As-Sunnah Kalitanjung dan Al-Muttaqin Gronggong Kab. Cirebon)

Hajam Hajam(1*),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman keagamaan di pesantren yang berbasiskan salafi. Pondok Pesantren As-Sunnah Kalitanjung dan Al- Muttaqin Gronggong Kab. Cirebon dijadikan sebagai obyek kajian. Dengan metode kualitatif dan pendekatan historis, menemukan beberapa kesimpulan, antara lain: (1) Paham yang diusung as-Sunnah dan Al-Muttaqin masih mempertahankan pendekatan tekstualis dalam memahami Al-Qur’an dan hadis dan jauh dari kontekstualnya serta tanpa ada studi kritik matan atau sanad; (2) Doktrin-doktrin tauhidnya bersifat teosentris. Dari doktrin teologi teosentris tersebut menyebabkan kurang akrabnya terhadap tradisi, dan sering kali mengklaim bid’ah dan syirik terhadap prilaku yang dinilai jauh dari aqidah salafi; (3) Bidang tasawuf di Pondok Pesantren As-Sunnah dan Al-Muttaqin masih sangat terbatas, bahkan, tasawuf hanya identik dengan Zuhud yang dimaknai hidup sederhana. Tasawuf belum sampai pada wilayah Irfani dan falsafi. Gerakan-gerakan keimanan dan peribadatan lebih dimaknai sebagai implementasi dari wilayah syariah.

Kata Kunci: Pemahaman Keagamaan, Salafi, Pesantren As-Sunnah, Pesantren Al-Muttaqin


Full Text:

PDF

References


al-Qardhawi, Yusuf, al-Sahwah al-Islamiyah bain al-Juhud wa al-

Tatharruf, Qatar: al-Ummah, 1402.

Ali, Mukti, “Metodologi Ilmu Agama Islamâ€. Dalam Taufik Abdullah

dan Rusli Karim (Ed.), Metodologi Penelitian Agama Sebuah

Pengantar, Yogjakarta: Tiara Wacana, 1991.

Ali, Muhamad, Teologi Pluralis Multikultural : Menghargai Kemajemukan, Menjalin Kerja Sama, Jakarta: Kompas, 2003.

Abdullah, Taufik dan M.Rusli Karim,(ed.), Metodologi Penelitian Agama Suatu Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989.

Abdullah, Amin, Relevansi Studi Agama-Agama dalam Milenium Ketiga, dalam Kamaruzzaman (Peny.), Mencari Islam Studi Islam

dengan Berbagai Pendekatan, (Yogjakarta: Tiara Wacana,

A. Khudori Soleh, Pengantar Editor: Tipologi Pemikiran Islam

Kontemporer dalam Pemikiran Islam Kontemporer, Yogjakarta:

Jendela, 2003.

Amin Abdullah, Falsafah Kalam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.

Akbar S. Ahmed, Postmodernisme Bahaya dan Harapan bagi Muslim, Bandung: Mizan, 1993.

Abdala,Ulil Absor, Menyegarkan Kembali Pemahaman Islam, Kompas, 19 Juli 1999.

Buchori, Didin Sefuddin, Metodologi Studi Islam, Bogor: Granada

Sarana Pustaka, 2005.

Dhofier, Zamakhsyari , Tradisi Pesantren, Studi Pandangan Hidup

Kiyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta:

LP3ES, 2011.

Effendi, Johan, “Dialog Antar Agama, Bisakah Melahirkan Teologi

Kerukunan,†Prisma, No. 5 Juni 1978, Jakarta, LP3ES.

Golpeigani, A.R, Menggugat Pluralisme Agama, Kebenaran Itu Banyak: Catatan kritis atas Pemikiran John Hick dan Abdul Karim

Sourosh, Jakarta: Al-Huda, 2005.

Hidayat, Komaruddin, Psikologi Beragama Menjadikan Hidup Lebih Nyaman dan Santun, Jakarta: Hikmah PT Mizan Publika,

_________________Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutika, (Jakarta: Paramadina, 1996), 25. Bandingkan dengan Komaruddin Hidayat, Menafsirkan Kehendak Tuhan, Jakarta: Teraju, 2003.

Arief Subhan, Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20:Pergumulan antara Lembaga Modernisasi dan Identitas, Jakarta: Kencana, 2012.

Lukman S. Thahir, Studi Islam Interdisipliner: Aplokasi Pendekatan Filsafat, Sosiologi, dan Sejarah, Jakarta: Qirtas, 2004.

Hefner, Robert W, Civil Islam dan Demokrasi di Indonesia, Terj. Ahmad Baso, Jakarta: ISAI, 2001.

Hasan, Noorhadi, “The Salafi Madrasas of Indonesiaâ€, dalam Farish A.Noor, Yoginder Sikand & Martin van Bruinessen (eds), The

Madrasa in Asia: Political Activism and Transnational Linkage,

Amsterdam, ISIM Series on Contemporary Muslim Societies,

Amsterdam University Press,

Iqbal,Muhammad, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, New Delhi: Kitab Bhavan, 1981.

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an Jilid 2 Memfungsikan

Wahyu dalam Kehidupan, Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Nata, Abuddin, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, Jakarta: Rajawali Press, 2001.

Naupal, “Pemikiran Metafisis Ibn al-‘Arabi dan Whiteheadâ€, Disertasi, 2009, Tidak Diterbitkan.

Poerwadaminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Badan Pustaka, 1991.

Ahmad Warson Munawwir, al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia,

Yogyakarta: t.p, 1984.

Jansen, G. H, Islam Militan, Terj. Armahedi Mahzar, Bandung: Pustaka, 1999.

Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah, Yogjakarta: Tiara Wacana, 1994. Liddle, R. William, “Skripturalisme Media Dakwah: Suatu Bentuk Pemikiran dan Aksi Politik Islam di Indonesia Masa Orde

Baruâ€, dalam Mark R. Woodward (Ed.), Jalan Baru Islam,

Memetakan Paradigma Mutakhir Islam Indonesia, Bandung:

Mizan, 1999.

Brosur Pondok Pesantren As-Sunnah dan Al-Muttaqin

AD/ART Yayasan As-Sunnah dan Al-Muttaqin

Wawancara dengan Ustad Muhyidin, Ustad. Iding dan Ustad Thoharoh, 8 Oktober 2013.




DOI: 10.24235/holistik.v15i2.331

Article Metrics

Abstract view : 2226 times
PDF - 1243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.