STUDI MUSTALAHUL HADIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BUNTET CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ilmu hadis di
madrasah diniyyah dengan sistem klasikal di Pondok Pesantren Darussalam
Buntet Cirebon. Kajian ini dilatari bahwa selama ini materi hadis yang diajarkan
lebih menitikberatkan pada aspek pengamalan seperti fikih dan akhlak. Kajian
ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya
menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun
temuan kajian ini setidaknya memperlihatkan, (1) Pembelajaran mushthalahul
hadis di Pondok Pesantren Darussalam Buntet, ada pada setiap marhalah
(kecuali ula), kitab al-Quthufuddaniyah Nadzam Imam Baiquny, marhalah
Tsalitsah kitab al-Qawa'id al-Asa'siyyah fi' Ilmi Mustahalahul hadi's, Marhalah
Muhadzarah mengkaji kitab Taisir Musthalahul Hadi's karya Mahmud
Thahhan. diampu langsung oleh bapak K.H. Ahmad Rifqi Chowas, dengan
metode Bandongan, hafalan, musyawarah dan penugasan.; dan (2) Tujuan
yang sangat ditekankan adalah agar para santri dapat memahami hadis ilmu
hadis sebagai sumber pedoman hukum Islam dengan baik dan tidak gegabah.
Tidak mudah tertipu dan tidak mudah mendhaifkan hadis, menghargai tashhih
yang sudah dilakukan ulama ahli hadis. Jangan tergesa-gesa mendhaifkan
hadis. Pemahaman santri dapat dilihat dari hasil belajar yang dilakukan setiap
semester (UTS dan UAS) berupa ujian lisan dan kitabah. Dengan kajian kitab
yang berjenjang sesuai dengan kelas, para santri dimudahkan dalam memahami
redaksi dan sanad hadis.
Full Text:
PDFReferences
Al-Baiquny, Taha Muhammad, Mandzumat al-Baiquny, t.t.
Al-Hasani, As-Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki. Prof.Dr. Al-Qawa’id al-Asasiyyah fi ‘Ilmi Mushthalahu al-Hadis, Haiah al-Shofwah, tt.
Ali, Nizar. Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan), Yogyakarta:
CESAD YPI Ar Rahmah, 2001
Alsa, Asmadi. Pendekatan Kuantitatif Kualitatif serta Kombinasinya
dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
al-Khatib, Muhammad ’Ajjaj. Ushul al-Hadis ’Ulumuhu wa Mustalahuhu,
Beirut: Dar al-fikr, 1989.
A
l-Thahhan, Mahmud. Taisir Mushthalah al-hadis,Beirut: Dar Al-Qur’an
al-karim, 1979
Al-Shalih, Subhi. ’Ulum al-Hadis wa Mushthalahuhu, Beirut: Dar al-’ilm
li al- Malayin, 1977.
Ash-Shiddieqy, Muhammad Hasbi. Sejarah dan pengantar Ilmu Hadis,
Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005.
Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Ensiklopedia Islam, Jakarta: Ikrar
Mandiri Abadi, 2003.
‘Itr, Nuruddin, Ulumul Hadis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Holistik Volume 15 Nomor 01, 2014
Madjid, Nurcholish. Modernisasi Pesantren, Jakarta: Ciputat
Press, 2002. Mahrus, Ali, Model Pembelajaran Aktif, Kreatif
dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Hasil Belajar Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VIII MTs Bahrul Ulum
Sekapuk Pangkal Gresik, Gresik: Institut Keislaman Abdullah
Faqih , 2011.
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 2000.
Rahardjo, M. Dawam. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES,
Rudliyana, M. Dede. MA. Perkembangan Pemikiran
Ulum al-Hadis dari Klasik sampai Modern, Bandung: CV
Pustaka Setia, 2004.
Saleh, Abdur Rahman. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren. Jakarta:
Departemen Agama RI, 1982..
Sa’dullah, Assa’idi, Hadis-hadis Sekte.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:
Alfabeta, 2013.
Umayah, Efektivitas Metode Pembelajaran Hadis Arba'in An-Nawawiyah
(Studi kasus pada pondok pesantren Darul Muhajirin di Desa
Kedung Halang Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor), Bogor:
Depag RI, 2005.
Umayah, Metode Pembelajaran Hadis Di Pesantren (Studi Komparasi
Pesantren
Tarbiyatul Banin Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon dengan
Pesantren Al- Hikmah Bobos Dukuhpuntang Kabupaten
Cirebon), Cirebon: Lemlit IAIN Sejati, 2012.
Zuhri, Muhammad, Hadis Nabi Telaah Historis dan Metodologis,
Yogyakarta: Tiara Wicana, 1997.
http://rofikekomputer.blogspot.com/p/metode-pendidikan-pondokpesantren.html, diakses Selasa, 1 Muharram 1435 H.
DOI: 10.24235/holistik.v15i1.159
Article Metrics
Abstract view : 670 timesPDF - 1527 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.