Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Ar-Rahman Ayat 33 melalui Strategi Pembelajaran Langsung
(1) SMP Negeri 1 Batang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar kelas VII F SMP N 1 Batang dibanding kelas VII yang lain.Hasil ulangan harian 2 sebagai langkah pre tindakan menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti paling rendah. Dari 37 siswa terdapat 67,57 % atau 25 siswa belum mencapai KKM (Kriteri Ketuntasan Minimal).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan aktivitas siswa dalam strategi pembelajaran langsung pada materi Al-Qur’an Al- Mujadalah Ayat 11 Dan Surat Ar-Rahman Ayat 33 di Kelas VII F SMP Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2016/2017 dan mengetahui pelaksanaan aktivitas guru dalam strategi pembelajaran langsung pada materi Al-Qur’an surat Al- Mujadalah Ayat 11 Dan Surat Ar-Rahman Ayat 33 di Kelas VII F SMP Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2016/2017 serta mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan srtategi pembelajaran langsung pada materi Al-Qur’an surat Al- Mujadalah Ayat 11 Dan Surat Ar-Rahman Ayat 33 di Kelas VII F SMP Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2016/2017. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi dan tes.
Terjadi peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung. Pada siklus I hanya sebagian siswa yang aktif mengikuti pembelajaran sedangkan pada siklus II sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hasil tes pada siklus I nilai rata-rata kelas 36,51% yang tuntas dalam belajar, sedangkan dalam siklus II nilai rata-rata kelas 75,67% tuntas dalam belajar. Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung memotivasi guru untuk lebih mempersiapkan diri dalam mengajar, dari hasil obsevasi teman sejawat dan siswa pada siklus I guru mendapat predikat cukup sedangakan pada siklus II mendapat predikat baik. Hal ini karena guru pada saat akan mengajar lebih mempersiapkan diri.
Simpulan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VII FÂ bahwa Strategi pembelajaran langsung dapat meningkatkan aktivitas siswa, Pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung memotivasi guru untuk lebih mempersiapkan diri dalam mengajar dan pembelajaran serta dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung dapat meningkatkan prestasi belajar yang berupa peningkatan hasil tes siswa.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Langsung, Aktifitas dan Prestasi Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran ,Bandung : Rosdakarya, 2013
Ahmad Barizi , Menjadi Guru Unggul, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media,
Bruce Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun, Models of Teaching, diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011
Mulyasa. E, Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan KBK), Bandung : Rosdakarya, 20014
Nana Syaodih & Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Rosdakarya, 2010
Richard I. Arends, Learning To Teach, diterjemahkan oleh Helly Prajitno & Sri Mulyantini , Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2015
Sumardi Suryabrata, Proses Pengajaran, Yogyakarta : Amarta, 1997
Wawan Setiawan, Eka Fitrajaya dan Tri Mardiyanti, Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Rpl) Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PTIK) Vol. 3 No.1 / Juni 2010 Issn 1979-9462
Yatim Riyanto, Paragdima Pembelajaran : Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta : Kencana, 2010
DOI: 10.24235/holistik.v2i1.1434
Article Metrics
Abstract view : 538 timesPDF - 228 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.