Pengaruh Persepsi, Sikap, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pempelian Produk Perawatan Kulit (Skincare) Pada Remaja Muslimah SMA N Kota Pekanbaru

Denila - Roza(1), Trian Zulhadi(2), Mulia Sosiady(3*),


(1) UIN SUSKA RIAU
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi, sikap, religiusitas dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit (skincare) pada remaja muslimah SMAN Kota Pekanbaru dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui teknik observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Data diolah dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (Field Research) dengan sampel sebanyak 335 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial variabel persepsi, sikap dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit (skincare), sedangkan variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variabel persepsi, sikap, religiusitas dan gaya hidup mampu mempengaruhi keputusan pembelian produk skincare dikalangan remaja muslimah kota Pekanbaru sebesar 48,2%, sedangkan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Persepsi;Sikap;Religiusitas;Gaya Hidup;Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aida Fitri, Pengaruh Persepsi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Joar Di Kota Banda Aceh, Jurnal Saudagar Indonesia, Vol.11, No.1,2020.

Farisa Hasna Nadiya Dan Susanti Wahyuningsih,Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3 Second Di Market Place (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3 Second Di Kota Semarang), Prosiding Seminar Nasional Unimus, Vol.3,2020.

Ghozali, Imam, Structural Equation Modelling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS), Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang, 2014.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Marketing Management (14 ed.). (E. Svendsen, Penyunt.) New Jersey: Pearson Education, Inc.

Muchilsin Riadi, Persepsi Konsumen-Pengertian, Proses Pembentukan, dan Jenis, dikutip dari kajian pustaka.com/2022/04/persepsikonsumen.html, pada hari Jumat,8 April 2022.

Nugraheni, P, N.A, Perbedaan Kecendrungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau Dari Lokasi Tempat Tinggal, Fakulitas Pisikologi UMS, 2003.

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen, Cetakan 4, Edisi Revisi, Jakarta: Kencana, 2010.

Setiawati, Rizky, Dinamika Religiusitas Siswa Muslim Di Sekolah Non Muslim, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.11, No.1, 2014.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen Teori Dan Penarapanya Dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Noorhidayati, Salmah, Kreativitas Berbasis Religiusitas Pemaknaan Atas Spiritualitas Dalam Psikiologi Agama, 2019.

ZAP Beauty Index 2020 (diakses 8 April 2022)




DOI: 10.24235/holistik.v7i1.13578

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.