PENGARUH CITRA MEREK DAN KREDIBILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN SERTIFIKASI HALAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PRODUK FROZEN FOOD MEREK UMIAMI (STUDY KASUS PADA DISTRIBUTOR CV. CITA RASA BARU PEKANBARU

Selamet Eko Kristanto(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Citra Merek dan Kredibilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Sertifikasi Halal sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang  digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sample jenuh yang terdapat pada Non-propability sampling yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 118 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh Reseller yg terdiri dari Agen, Grosir dan Retail yang berkemitraan dengan distributor CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji f, koefisien determinasi dan moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan program IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kredibilitas berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara simultan Sertifikasi Halal sebagai variabel moderasi mampu memoderasi hubungan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Sertifikasi Halal sebagai variabel moderasi tidak mampu mempengaruhi hubungan Kredibilitas terhadap Loyalitas Pelanggan

Kata kunci: Citra Merek, Kredibiltas, Sertifikasi Halal, Loyalitas Pelanggan


Keywords


Citra Merek, Kredibiltas, Sertifikasi Halal, Loyalitas Pelanggan

References


Ajzen, William, Perilaku Konsumen (Jakarta: PT Binarupa Aksara, 2008),

Akhmad Mujahidin, Ekonomi Islam 2 (Pekanbaru: Al-Mujtahdah Press,2014)

Aviyah, E., & Farid, M. Religiusitas, Kontrol Diri Dan Kenakalan Remaja. (jakarta: Jurnal Psikologi Indonesia,2014)

Bambang Sunggono, Metodologi Penelitian Persada, (Jakarta, Raja Grafindo 2001)

Basu swasta, manajemen penjualan, (yogyakarta;BPFE, 2001)

Beni Rizki, Analisis Pengaruh Iklan Flexi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Masyarakat Kec. Tampan Pekanbaru), Skripsi (Prodi Manajemen UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru, 2012)

Daradjad, Z.. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: (Bulan Bintang, 1970)

Dimyati Mahmud, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan,(Yogyakarta: BPFF, 2001)

E-book; Achmad Djaelani Sediaotama, Ilmu Gizi Menurut Pandangan Islam (Jakarta: Dian Rakyat, 1990)

Ema Ferinadewi, Merek dan Psikologi Konsumen, (yogyakarta: Graha Ilmu, 2008)

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Prilaku Kosumen-Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Yogyakarta: andi, 2013)

Engel, J,F, D.T. Kollal & R.D Blackwell, Perilaku Konsumen, (Jakarta, Binarupa, 2009)

Fandy Tjiptono, Manajemen & Strategi Merek. (yogyakarta: Andi, 2011)

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana, Pemasaran & Aplikasi, (Yogyakarta, Andi: 2016)

Freddy Rangkuti The Power Of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek Plus Analisis Kasus dengan SPSS (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,2009)

Ferdinand, Manajemen Pemasaran(Jakarta: Erlangga,2002), jilid 1

Hawi, A. Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)

http://repository.uin-suska.ac.id

Jalaludin. Psikologi Agama. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)

Mediola Budi Wryawan, Kamus Brand A-Z (Jakarta: PT Indonesia Printer, 2008)

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (jakarta: indeks, 2005)

Prof. Dr. Rully Indrawan, M. Si. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan Campuran (Bandung,Retika Aditama ; 2016)

Rajab, K. (n.d.). Religius Psikologi. (Yogyakarta: Aswaja Presindo 2005)

Sumitro. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan (jakarta; Erlangga, 1993)

Supardi, Aplikasi Statistika Dalam Penelitian, (jakarta: Ufuk Pers, 2011)

Swastha, B. Dan T.H. Handoko, Manajemen Pemasaran: Analisi Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: BPFE UGM, 2008)

Wawancara direktur CV. Cita Rasa Baru Pekanbaru

Yusuf Qardhawi. Norma dan Etika Bisnis Islam. (Jakarta;Gema Insani, 1999)

Yamit, Zulian. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa (yogyakarta; Ekonosia, 2001)

Yudrik Jaya, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana, 2001)uni




DOI: 10.24235/holistik.v7i2.13564

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.