STRATEGI PEMBELAJARAN ANTI BIAS GENDER DI PAUD

Lutfatulatifah Lutfatulatifah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pembelajaran anti bias gender di Lembaga pendidikan anak usia dini. Pembelajaran anti bias gender sendiri dimaksudkan untuk memperjuangkan kesetaraan yang bukan berarti mempertentangkan laki-laki dan perempuan tetapi upaya untuk membangun hubungan yang setara dan kesempatan yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Dalam Makalah ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Terdapat tiga tema besar yang dibahas dalam makalah ini. Yakni gender, strategi pembelajaran anti bias gender, dan peran. Dalam strategi pembelaajaran anti bias gender sendiri membahas terkait perencanaan, pembelajaran, dan evaluasi. Pembelajaran ini tentu memiliki tujuan untuk menciptakan kesetaraan dan keadilan gender yang tidak dapat hanya diusahakan oleh salah satu pihak saja. Tapi perlu kejasama antar semua komponen diantaranya yakni, sekolah, orangtua, peserta didik, pengelola dan juga masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Adriany, V. (2019). ‘I don’t want to play with the Barbie boy’: Understanding Gender-Based Bullying in a Kindergarten in Indonesia. International journal of bullying prevention, 1(4), 246-254.

Achmad, S. (2019). Membangun pendidikan berwawasan gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70-91.

Härkönen, U. (2001). The Bronfenbrenner ecological systems theory of human development.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17.

MacNaughton, G. (2000). Rethinking gender in early childhood education. Sage.

Maulana, R. A., Kurniati, E., & Yulindrasari, H. (2020). APA YANG MENYEBABKAN RENDAHNYA KEBERADAAN GURU LAKI-LAKI DI PAUD?. Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 23-32.

Nurhaeni, I. D. A. (2011). Reformasi kebijakan pendidikan menuju kesetaraan dan keadilan gender.

Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utaminingsih, A. (2017). Gender dan wanita karir. Universitas Brawijaya Press.

Puspitawati, H. (2013). Konsep, teori dan analisis gender. Bogor: Departe-men Ilmu Keluarga dan Kon-sumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian.

Priatmoko, S. (2018, February). Strategi implementasi pembelajaran inklusif gender di madrasah ibtida’iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 244-257).




DOI: 10.24235/equalita.v3i1.8743

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.