PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI ISU KESETARAAN GENDER DALAM MEMPELAJARI BIDANG FILSAFAT

Indra Gunawan(1*), Ahmad Khaerurozi(2), Syamsul Maarif(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa di IAIN Syekh Nurjati pada Tahun 2021 mengenai isu kesetaraan gender dalam mempelajari bidang filsafat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan triangulasi sumber sebagai validitas data. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada mahasiswi Filsafat Agama IAIN Syekh Nurjati dan kepada mahasiswa dan mahasiswi di luar jurusan Filsafat Agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kecenderungan bias gender mengenai perempuan yang mempelajari bidang filsafat, antara lain adalah adanya asumsi bahwa filsafat lebih cocok didalami oleh kaum laki-laki yang cenderung lebih rasional dibanding perempuan yang dianggap cenderung emosional. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menghadirkan suatu realitas yang lebih adil, dimana tidak ada bias gender dalam pemilihan suatu bidang yang akan ditekuni, sehingga baik laki-laki maupun perempuan dapat memasuki suatu bidang ataupun karir pilihan mereka secara bebas tanpa adanya intervensi, diskriminasi, maupun stereotip.

Full Text:

PDF

References


Afiyatin, Alfiyah Laila. 2019. “Dwilogi Filsafat Perempuan : Mengupas Paradigma Perempuan melalui Pendekatan Humanistik dan Implikasi Empirisme.†Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 3 (1): 69–86.

Ainiyah, Qurrotul. 2017. “Urgensi Pendidikan Perempuan dalam Menghadapi Masyarakat Modern.†Halaqa: Islamic Education Journal 1 (2): 45–56.

Anshori, M Alif. 2015. “Perempuan: Perspektif Filsafat, Tasawuf dan Fiqih.†Jurnal Al-dyan 10 (1): 1–18.

Fadli, M, dan Dahlan Sabaruddin. 2020. “Resiliensi Pendidikan Perempuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 17–30.

Fakih, Mansour. 1996. Membincang Feminisme: Diskursus Gender Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.

———. 2001. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fibrianto, Alan Sigit. 2016. “Kesetaraan Gender dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016.†Jurnal Analisa Sosiologi 5 (1): 10–27.

Jahidi, Idi. 2004. “Gender Mainstreaming di Bidang Pendidikan: Antara Peluang dan Tantangan.†Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 20 (3): 10–27.

Kemendikbud. 2013. “Policy Brief: Gender Equality in Education in Indonesia.†Jakarta: ACDP Indonesia.

Kemenkes. 2017. “Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional.†Jakarta: Komisi Etik Kemenkes RI.

Merriam, Sharan B. 1998. Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Fransisco: Jossey-Bass.

Nasir, dan Lilianti. 2017. “Persamaan Hak: Partisipasi Wanita dalam Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.†Didakitis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 17 (1): 36–46.

Nuroniyah, Wardah. 2019. “Feminisme dalam Pesantren: Narasi Pemberdayaan Perempuan di Pondok Pesantren Buntet Cirebon.†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 1 (1): 143–64.

Puspitasari, Ratna. 2019. “Kajian Gender dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Perempuan Berkarakter Perempuan Pendidik di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon).†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 1 (1): 67–80.

Puspitawati, Herien. 2010. “Persepsi Peran Gender terhadap Pekerjaan Domestik dan Publik pada Mahasiswa IPB.†Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 5 (1): 17–34.

Rosilawati, Ana. 2014. “Perempuan dan Pendidikan: Refleksi Atas Pendidikan Berperspektif Gender.†Raheema 1 (1): 1–9.

Solihin. 2007. Perkembangan Pemikiran Filsafat dari Klasik hingga Modern. Bandung: Pustaka Setia.

Sumar, Warni Tune. 2015. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.†Musawa 7 (1): 158–82.

Titus, Harold Hopper. 1959. Living Issues in Philosophy: An Introductory Textbook. New York: Introductory Text Book.

Wahyudi, Ayu Vinlandari, dan Indra Gunawan. 2020. “Peran Tari dalam Perspektif Gender dan Budaya.†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 2 (2): 130–41.




DOI: 10.24235/equalita.v3i1.8176

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.