PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI ISU KESETARAAN GENDER DALAM MEMPELAJARI BIDANG FILSAFAT
(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afiyatin, Alfiyah Laila. 2019. “Dwilogi Filsafat Perempuan : Mengupas Paradigma Perempuan melalui Pendekatan Humanistik dan Implikasi Empirisme.†Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 3 (1): 69–86.
Ainiyah, Qurrotul. 2017. “Urgensi Pendidikan Perempuan dalam Menghadapi Masyarakat Modern.†Halaqa: Islamic Education Journal 1 (2): 45–56.
Anshori, M Alif. 2015. “Perempuan: Perspektif Filsafat, Tasawuf dan Fiqih.†Jurnal Al-dyan 10 (1): 1–18.
Fadli, M, dan Dahlan Sabaruddin. 2020. “Resiliensi Pendidikan Perempuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 17–30.
Fakih, Mansour. 1996. Membincang Feminisme: Diskursus Gender Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
———. 2001. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fibrianto, Alan Sigit. 2016. “Kesetaraan Gender dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016.†Jurnal Analisa Sosiologi 5 (1): 10–27.
Jahidi, Idi. 2004. “Gender Mainstreaming di Bidang Pendidikan: Antara Peluang dan Tantangan.†Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 20 (3): 10–27.
Kemendikbud. 2013. “Policy Brief: Gender Equality in Education in Indonesia.†Jakarta: ACDP Indonesia.
Kemenkes. 2017. “Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional.†Jakarta: Komisi Etik Kemenkes RI.
Merriam, Sharan B. 1998. Qualitative Research and Case Study Applications in Education. San Fransisco: Jossey-Bass.
Nasir, dan Lilianti. 2017. “Persamaan Hak: Partisipasi Wanita dalam Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.†Didakitis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 17 (1): 36–46.
Nuroniyah, Wardah. 2019. “Feminisme dalam Pesantren: Narasi Pemberdayaan Perempuan di Pondok Pesantren Buntet Cirebon.†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 1 (1): 143–64.
Puspitasari, Ratna. 2019. “Kajian Gender dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Perempuan Berkarakter Perempuan Pendidik di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon).†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 1 (1): 67–80.
Puspitawati, Herien. 2010. “Persepsi Peran Gender terhadap Pekerjaan Domestik dan Publik pada Mahasiswa IPB.†Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 5 (1): 17–34.
Rosilawati, Ana. 2014. “Perempuan dan Pendidikan: Refleksi Atas Pendidikan Berperspektif Gender.†Raheema 1 (1): 1–9.
Solihin. 2007. Perkembangan Pemikiran Filsafat dari Klasik hingga Modern. Bandung: Pustaka Setia.
Sumar, Warni Tune. 2015. “Implementasi Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.†Musawa 7 (1): 158–82.
Titus, Harold Hopper. 1959. Living Issues in Philosophy: An Introductory Textbook. New York: Introductory Text Book.
Wahyudi, Ayu Vinlandari, dan Indra Gunawan. 2020. “Peran Tari dalam Perspektif Gender dan Budaya.†Equalita: Pusat Studi Gender dan Anak 2 (2): 130–41.
DOI: 10.24235/equalita.v3i1.8176
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:
EDITORIAL OFFICE:
LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.
Â
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.