PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KONSEP RUANG KANAN KIRI MELALUI METODE PERMAINAN PIJAK KAKI PADA ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI RA AL MUHTADIN LANGENHARJO KENDAL

Laili Widayanti(1*), Rustono Rustono(2), Atika Zahra Furi(3),


(1) Universitas IVET
(2) Universitas IVET
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan kognitif anak-anak dalam konsep ruang kanan kiri di RA Al Muhtadin sangat rendah, hal ini disebabkan oleh 1) pembelajaran guru yang monoton dan kurang variatif; 2) minat anak yang tergolong rendah pada pembelajaran konsep ruang; 3) karakteristik anak yang selalu meniru apa yang dilihatnya dan tidak berpikir secara nalar; dan 4) alat peraga atau media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep ruang kanan-kiri dan untuk mengetahui penerapan metode permainan pijak kaki pada anak kelompok A di RA Al Muhtadin Langenharjo Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri satu kali pertemuan dengan empat tahapan. Dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pada observasi awal pra siklus anak yang memperoleh nilai 16,67%, pada siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 75%, dan pada siklus II kemampuan anak meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif  serta menggunakan media dan metode yang menarik, menyenangkan dan bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Apriana, Riska. 2009. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Kognitif Anak usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan banyumanik Semarang. Semarang: Fakultas kedokteran Universitas Diponegoro

Aqib, Zainal. Jaiyaroh. S, Diniati. E, Khotimah.K . 2010. Penelitian Tindakan Kelas, untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arimbi, Dwi Yurike. 2018. Meningkatkan Perkembangan Kognitif melalui Kegiatan Mind Mapping. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Astuti, Henny Puji. 2013. Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Kreativitas Anak di Kelurahan Banjarjo Boja Kendal. Kendal:Rekayasa.

Azizah Fadhillah. “Teori Pendidikan: Teori Perkembangan Sosial Kognitif Lev Vygotskyâ€. Online. http://edukasi.kompasiana.com/2011/03/03/teori-pendidikan-teori-perkembangan-sosial-kognitif-lev-vygotsky/. diakses tanggal 1 November 2019.

Erzul, Wulandari Pertiwi, 2019. Meningkatkan Kemampuan Konsep Ruang melalui Permainan Engklek bagi Anak Berkesulitan Belajar. Padang:Universitas Negeri Padang Indonesia.

Fadlillah, Muhammad, 2017 Bermain & Permainan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Faizal. 2010 dalam http://nawawielfatru.blogspot.com/2009/05/keaktifan belajar. html, tanggal 1 November 2019

Fitriwati, Eci. (2013). Gerak Irama Salah Satu Alternatif untuk Mengenalkan Konsep Ruang Bagi Anak Kesulitan Belajar. Juppekhu.

Habibi, Muazar. 2018. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Halman, Sri Utami. 2012. Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky Dan Piaget http://utamitamii.blogspot.com/2012/04/teori-perkembangan-kognitif-vygotsky.html diakses tanggal 1 November 2019

Helda, 2009. Penggunaan Konsep Ruang melalui Permainan Bintang Beralih untuk Meningkatkan Penguasaan Arah bagi Anak Tunagrahita di SDLB Negeri Purworejo di Kelas D IV C Tahun Pelajaran 2008/2009. Purworejo: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Heryanti, Vera. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Tradisional (Congklak). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Hurlock, Elizabeth. B. 2005. “Perkembangan Anakâ€. Jakarta: Erlangga. PT Gelora Aksara Pratama.

Izzaty, R.E, Suardiman, S.P, Purwandari,Y.A, Hiryanto, Kusmaryani, R.E. 2008 Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jawati, Ramaikis. 2013. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri. Padang:SPEKTRUM PLS.

Kusumah, Wijaya dan Dwitagama, D. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mansur, 2005 Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Marhamah, Mia Siti. 2016 Teori Nativisme Arthur Schopenhauer https://miasitimarhamah.wordpress.com/2016/11/03/teori-nativisme-arthur-schopenhauer/ Diakses Tanggal 12 Desember 2019. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maryati, K & Suryawati,J. 2001. Sosiologi Jilid 1, Jakarta: Erlangga. PT Gelora Aksara Pratama.

Masitoh dkk.,2008 Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Moslichatoen. 2008. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Remaja Rosdakarya

Mursalin. 2010. Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Aceh: Universitas Malikussaleh Aceh.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Bermain Sambil Belajar dan mengasah Kcerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ola, Putriana. 2009. Efektivitas Gerak Irama Dalam Menanamkan Konsep Orientasi Ruang Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Wacana Asih. Padang: PLB FIP UNP.

Pendidikan, M, Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1990 tentang Pendidikan Prasekolah bab 1 Pasal 1

Pratiwi, Wiwik. 2012. Konsep Bermain pada Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Gorontalo: Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo.

Pristiadi, Utomo. “Piaget dan Teorinya†http://ilmuwanmuda.wordpress.com/piaget-dan-teorinya/. Diakses tanggal 9 Desember 2019.

Rahmasari, Harlina Dwi. 2015. Perkembangan Fisik-Motorik Pada Anak Usia Dini. https://www.kompasiana.com/harlinadwirahmasari/54f7c2a9a33311191c8b4a50/perkembangan-fisikmotorik-pada-anak-usia-dini diakses tanggal 16 Oktober 2019

Riyadi, Ahmad Ali 2006 Politik Pendidikan: Menggugat Birokrasi Pendidikan Nasional Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Rohaeni, Eni. 2014. Penerapan Metode Bermain Balok dalam Mengembangkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini Pada PAUD Nuansa Kota Bandung. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Siliwangi.

Rosdalina, Ida. 2017. https://nakita.grid.id/read/0211241/tip-mudah-mengajarkan-konsep-kiri-dan-kanan-pada-anak?page=all diakses tanggal 17 Oktober 2019

S, N, Priyanti, Iin,. 2015. Optimalisasi Kecerdasan Emosi Melalui Musik Feeling Band Pada Anak Usia Dini. Care, 3(1), 20-23

Santrock, John. W. 2012. Perkembangan Masa-Hidup. Surabaya. Erlangga.

Shin, Yee Jin. 2014. Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika.

Soetopo, Hendyat. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran (Teori, Permasalahan, dan Praktek). Malang : UMM Press.

Sofyan, Hendra. 2018. Peningkatan Perkembangan Kognitif Abak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik. Jambi: Universitas Jambi.

Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter.Yogyakarta: Genius.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:Universitas Terbuka.

Suratiyem. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Konsep melalui Bermain Kartu Angka pada Kelompok B di TK Pertiwi Jimbung Klaten . Klaten: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Suyadi. 2010. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanto & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas guru di Era Global). Jakarta: Erlangga.

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Tedjasaputra, Mayke S. 2008. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 28 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyu, Agus. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ruang Dengan Bermain Drum Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Juppekhu, Vol 3 No 1.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Wulan, Putri. 2016. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Menurut Piaget. https://www.kompasiana.com/putriwulan/56e7f9cc8e7a61ea13c857f6/perkembangan-kognitif-anak-usia-dini-menurut-piaget diakses Tanggal 16 Oktober 2019

Yana Kurniati, Amsyaruddin, F. (2013). Efektivitas Tarian untuk Meningkatkan Konsep Orientasi Ruang bagi Anak Tunagrahita Ringan. Juppekhu, Vol 2 No 3.

Yuliani Nurani Sujiono, dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: 10.24235/equalita.v2i2.7456

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.