MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK INKBLOT

Aip Saripudin(1*), Ery Khaeriyah(2), Rosmita Ayu Lestari(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas anak usia dini pada kelompok B masih rendah. Terbukti dari indikator kreatifitas yakni mampu menyesuaikan warna, menggambar bentuk, keluwesan dalam menggambar objek yang ditiru masih terbatas. Hal ini tidak terlepas dari stimulasi di lembaga PAUD yang masih terbatas. Kegiatan menggambar belum sepenuhnya diterapkan secara maksimal oleh guru. Penggunaan Lembar Kerja Anak (LKA) juga menjadi salah satu factor anak belum mampu mengekspresikan ide dan gagasannya dalam bentuk gambar-gambar sederhana. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan teknik inkblot untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 anak. Data dikumpulkan melalaui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kreatifitas anak usia dini. Peningkatan tersebut terlihat dari penggunaan media menggambar dengan bantuan stimulasi teknik Inkblot yang dilakukan oleh peneliti. Hal ini terlihat dari indikator capaian perkembangan anak melalui dua siklus memperoleh nilai sebesar 88,45%. Artinya nilai tersebut berada pada level sangat baik atau berkembang sangat baik, sehingga untuk mengembangkan anak dalam aspek kreatifitas salah satunya dapat dilakukan melalaui menggambar langsung dengan teknik inkblot.


Full Text:

PDF

References


Arsad Azhra. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka

Choiriyah Widyasari. 2010.Kreativitas dan Keberbakata. Surakarta: PG PAUD FIKIP UMS.

Conny R. Semiawan.2009. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta:PT.Indeks

Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Haryanto. 2012. http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ diakses pada tanggal 1 Desember 2018 pukul 11.00 Wib

Huda, Astitin Sanatul. (2018). Peningkatan Kreativitas Menggambar Dengan Permainan Finger PaintingPada Siswa Kelas 1 SDN Purwantoro 2. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Kosasih. A , Angkowo Robertus. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo

Munandar, & Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineke Cipta.

Mujiyanti. (2012). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Menggambar Bebas di TK Aisyiyah 2 Giriroto. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nizar Alam Hamdani & Dody Hermana. (2008). Classroom Action Research Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Garut: Rahayasa Research and Training

Nuraini. F. 2015. http://journal.student.uny.ac.id/ Jurnal Student UNY

Nursito. 2000. Menggali Kreativitas. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.

Pamadhi, Hajar (2009). Seni keterampilan anak. Universitas Terbuka

Pamadhi, Hajar. Sukardi S, Evan & Muis, Azizah (2010). Seni Keterampolan Anak . Jakaarta: Penerbit Universitas Terbuka

R Aprianti,dkk. 2013. http://repository.unib.ac.id. Jurnal Universitas Bengkulu

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada.

Rizkianty.E. 2017. http://repository.radenintan.ac.id/856. Jurnal UIN Raden Intan Lampung

Saripudin, Aip. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Awlady Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Cirebon

Saiful Haq. (2008). Jurus-jurus Menggambar dan Mewarnai dari Nol. Yogyakarta: Mitra Barokah Abadi Press

Sujiono, & Nuraini, Y. (2009). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suryadi, A. (2015). Membuat Media Pembelajaran Untuk Pemula. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Suyadi, & Maulidya Ulfah. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wilyani, A. N. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Wilyani, A. N., & Barnawi. (2011). Format Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Jakarta Prenada Media Group.

Y Herlini, S Suhartono, S Muchtar-2014- http://repository.unib.ac.id/8630/ Jurnal Universitas Bengkulu.




DOI: 10.24235/equalita.v2i1.7058

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.