PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Novianti Muspiroh(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauhmana perbedaan hasil belajar biologi siswa berdasarkan gender di MTsN 1 Kota Cirebon. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif ex post facto. Data hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan dari dokumentasi guru. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas 7 a MTsN 1 Kota Cirebon yang berjumlah 32 siswa. Berpijak pada hasil analisis data yang dilaksanakan dengan analisis variansi satu jalan dengan sel tidak sama didapatkan nilai Fhitung = 2.270 lebih besar dari Ftabel = 1.97, sehingga bisa disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa berdasarkan gender di MTsN 1 Kota Cirebon. Selanjutnya dilaksanakan uji simple effect antar hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara hasil belajar siswa laki-laki ataukah siswa perempuan. Dari uji tersebut didapatkan nilai Fhitung memperlihatkan perbedaan yang signifikan, yakni Fhitung = 2.597 lebih besar dari Ftabel =1.97. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa hasil belajar siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki di MTsN 1 Kota Cirebon.


Full Text:

PDF

References


Amedu, Odagboyi Isaiah. 2015. “The Effect of Gender on the Achievement of Students in Biology Using the Jigsaw Methodâ€. Journal of Education and Practice, 6 (17), 176-179.

Brown, D. G. 2015. Study Shows Girls Get Better Grades For The Same Work As Boys. (online) tersedia: http://www.returnofkings.com/75159/study-shows-girls-get-better-grades-for-the-same-work-as-boys Diakses 6 Desember 2019.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Edisi Ke-3, Surakarta: UNS Press.

Coskun, L. 2014. “The Girls are Better at Language Learning: A Comparative Approachâ€. Journal of Educational and Social Research, 4 (2), 17-21. doi:Doi:10.5901/jesr.2014.v4n2p17

Dayroglu, M., & Asik, S. T. 2004. Gender Differences in Academic Performance in a Large Public University in Turkey. Ankara: Middle East Technical University.

Economist. 2015. Why Girls do Better at School than Boys. (online) tersedia: http://www.economist.com/blogs/economist-explains/2015/03/economist-explains-3 diakses 4 Desember 2019.

Flynn, James, Lilia Rossi-Casé. 2011. “Modern Women Match Men on Raven’s Progressive Matricesâ€. Personality and Individual Differences, 50 (6), 799-803.

Gnaultati, E. 2014. Why Girls Tend to Get Better Grades Than Boys Do. (online) tersedia: http://www.theatlantic.com/education/archive/2014/09/why-girls-get-better-grades-than-boys-do/380318/ diakses 6 Desember 2019.

Khaleel, Mousa. 2017. “Female Students are more likely to get Higher Grades than Male Studentsâ€. International Journal of Scientific and Research Publications, 7 (3), 378-386.

Khan, B. B., Nawaz, R., Chaudhry, K. M., Hyder, A. U., & Butt, T. M. 2012. “Evaluation of Comparitive Academic Performance of undergraduate Students at University Levelâ€. The Journal of Animal & Plant Sciences, 22 (3), 798-801.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

O’Dea, R. E., M. Lagisz, M. D. Jennions, and S. Nakagawa. 2018. “Gender Differences in Individual Variation in Academic Grades Fail to Fit Expected Patterns for STEMâ€. Nature Communications, 9, 3777.

Saleh, Minhayati. 2011. Perbedaan Gender dalam Prestasi Akademik Alumni Tadris. Semarang: Kementerian Agama Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Saraswati, Enggar. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan dalam Mata Pelajaran Matematika kelas III semester 2 Materi Sudut dan Pecahan di SD Negeri se-Desa Caturharjo, Kecematan Sleman Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Fak. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yongyakarta.

Suyanto, Joko. 2010. Gender dan Sosialisasi. Jakarta: Nobel Edumedia.

Unity, O. 2015. “Influence of Gender on Students’ Academic Achievement in Government Subject in Public Secondary Schools in Oredo Local Government Area of Edo State, Nigeriaâ€. Journal of Educational and Social Research, 5 (2), 101-106.

Vina. Penelitian: IQ Perempuan lebih Tinggi Dibandingkan IQ Laki-laki. https://www.ipotnews.com/index.php?jdl=PenelitianIQ_Perempuan_Lebih_Tinggi_Dibandingkan_IQ_Laki_laki&level2=newsandopini on&id=1465825&img=level1_highli ghts_4. Diakses 05 Desember 2019.

Yau, H. K., & Cheng, A. L. 2012. “Gender Difference of Confidence in Using Technology for Learningâ€. The Journal of Technology, 38 (2), 74-79.




DOI: 10.24235/equalita.v2i1.7055

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.