KAJIAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Perempuan Berkarakter Perempuan Pendidik Di Jurusan Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Ratna Puspitasari(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The large gap between the goalsand the reality of equal rights is yhe condition of some Indonesian women. The disadvantaged position of Indonesian women and the continuing nasional education system indicate that Indonesia faces a long road to meet the goals of the United Nation millennium on gender equality and education sustainability. The number of Social Studies Tadris of Tarbiyah Faculty and Teacher Training IAIN Syekh Nurjati Cirebon who are still active in lectures are 520 people divided into female students for the 2019/2020 academic year 427 people while the number of male students as whole is a number of 193 people are both quantitative and qualitative potential for the Social Studies Tadris development to develop a gender equality-based curriculum with the representation of gender equality study subjects in social studies learning. The study of gender equality in social studies learning is not just a learning of transfer of values including values related to gender issues

Keyword: equality, gender, education

 

 

Abstrak: Kesenjangan yang besar antara tujuan dan kenyataan mengenai persamaan hak atas pendidikan merupakan kondisi sebagian perempuan Indonesia. Posisi perempuan Indonesia yang tidak menguntungkan dan terus berlangsungnya sistem pendidikan nasional menandakan bahwa Indonesia menghadapi jalan yang panjang untuk memenuhi tujuan milenium PBB tentang kesetaraan gender dan keberlanjutan pendidikan. Jumlah mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang masih aktif dalam perkuliahan sejumlah 520 orang terbagi dalam mahasiswa berjenis kelamin perempuan untuk tahun ajaran 2019/2020 sejumlah 427 orang  sementara jumlah mahasiswa berjenis kelamin laki-laki secara keseluruhan adalah sejumlah 193 orang merupakan potensi secara kuantitatif maupun kualitatif bagi jurusan Tadris IPS untuk mengembangkan kurikulum berbasis kesetaraan gender dengan keterwakilan mata kuliah Kajian Kesetaraan Gender dalam pembelajaran IPS. Kajian kesetaraan gender dalam pembelajaran IPS bukan hanya sekedar proses pembelajaran, tetapi merupakan salah satu ”nara sumber” bagi segala pengetahuan, instrumen efektif transfer nilai termasuk nilai yang berkaitan dengan isu gender.

Keyword: kesetaraan, gender, pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Acee Suryadi, Ecep Idris. 2004. Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Genesindo

Acee Suryadi, Ecep Idris, Kesetaraan Gender dalam bidang Pendidikan, (Jakarta: PT Genesindo, 2004)

Achmad Muthia’in. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan, Surakarta: UMS

Achmad Muthia’in. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta: UMS.

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib, 1984, Konsep Pendidikan dalam Islam. Diterjemahkan oleh Haidar Bagir, Bandung: Mizan.

Al-Bari, Haya Binti Mubarak, 1997, Mausu’at al-Mar’ah al-Muslimah. Alih bahasa: Amir Hamzah Fachruddin. Jakarta: Darul Falah. Cet. I.

Al-Kurdi, Ahmad al-Hajji, 1995, Ahkam al-Mar’ah fi al-Fiqh al-Islamiy.Alih bahasa: Moh.Zuhri dan Ahmad Qorib. Semarang: Dina Utama. Cet. I.

Daryo Sumanto, Isu Gender dalam Bahan Ajar, (Jakarta: Akses Internet, 2004)

Dwi Narwoko dan Bagong Yuryanto, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004) Hlm. 334

Dwi Narwoko dan Bagong Yuryanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Elfi Muawanah, Pendidikan Gender dan Hak Asasi Manusia, (Yogyakarta: Teras, 2009),

Elfi Muawanah, Pendidikan Gender dan Hak Asasi Manusia, (Yogyakarta: Teras, , 2009)

Elfi Muawanah. 2009. Pendidikan Gender dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: TERAS

Fakih, Mansour, 1997, Analisis Gender dan Transportasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamanto Sunarto, Pengantar Sosiologi Edisi Revisi, (Universitas Indonesia Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, 2004)

Kamanto Sunarto, Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Universitas Indonesia Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi. 2004

King Abdul Aziz University, 1997, First World Conferse on Muslim Education Reccomendations, Jeddah & Mecca Al-Munawarah: King Abdul Aziz University.

Mac donald, Mandy, dkk, 1999, Gender dan Perubahan Organisasi: Menjembatani Kesenjangan antara Kebijakan dan Praktik. Alih bahsa: Omi Intan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moh, Roqib, Pendidikan Perempuan, (Yogyakarta: Gama Media, 2003)

Moh, Roqib. 2003. Pendidikan Perempuan. Yogyakarta: Gama Media

Rajab, Ibn Al-Hambali, The Excellence of Knowledge, , Birmingham: Darussunnah Publisher,Kalamullah. com, ebook.

Shaikh, N.M., 1991, Woman in Muslim Society. New Delhi: Kitab Bhavan. Cet. I.

Tafsir, Ahmad, 2013, Ilmu Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. II.

Umar, Nasaruddin, 1999,Kodrat Perempuan dalam Islam, Jakarta: Lembaga Kajian Agama dan Gender.




DOI: 10.24235/equalita.v1i1.5158

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.