Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Melalui Kartu Indonesia Pintar di Kota Bandung

Imam Asrofi(1*), Teti Ratnawulan(2), Nur Ma'rifat(3),


(1) Universitas Islam Nusantara Bandung
(2) Universitas Islam Nusantara
(3) Universitas Islam Nusantara
(*) Corresponding Author

Abstract


Belum maksimalnya pembangunan layanan pendidikan salah satunya adalah belum meratanya Kartu Indonesia Pintar yang tepat sasaran secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan memperoleh gambaran tentang kebijakan terkait dengan program Kartu Indonesia Pintar dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di SMP Negeri Kota Bandung yang dikaji berdasarkan sudut pandang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan  faktor penghambat, serta solusi perbaikan kedepan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebijakan Kartu Indonesia Pintar dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di SMP Negeri Kota Bandung telah dilakukan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, namun belum maksimal melakukan pemerataan pendidikan dengan memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu sesuai tujuan diharapkan ditinjau dari masih terdapatnya siswa yang putus sekolah karena kekurangan biaya, sering terlambatnya pencairan dana, dan kurangnya kerjasama sekolah dan pemerintah melakukan pengelolaan dan pengendalian Kartu Indonesia Pintar

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jawa Barat. (2020). Tabel Indeks Angka Partisipasi Murni (APM) Kota Bandung Tahun 2016-2019. https://jabar.bps.go.id. (diakses tanggal 07 Agustus 2020)

___________________________. (2020). Kota Bandung dalam Angka 2019-2022 https:// bandungkota.bps.go.id (diakses tanggal 07 Agustus 2020)

____________________________. (2020). Kota Bandung dalam Angka 2019-2020 https:// bandungkota.bps.go.id (diakses tanggal 07 Agustus 2020)

Dimmera, B.E., & Purnasari, E. (2020). Permasalahan dan Solusi Program Indonesia Pintar Dalam Mewujudkan Pemerataan Pendidikan di Kabupaten Bengkayang. Jurnal Sebatik Vol. 24 No. 2 (2020),307-314.

Handayani, C. (2018). Implementasi Metode Promethee untuk Menentukan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Program Simpanan Keluarga Sejahtera, Program Indonesia Pintar, Dan Program Indonesia Sehat untuk membangun keluarga produktif.

Mujahidun. (2016). Pemerataan Pendidikan Anak Bangsa: Pendidikan Gratis Versus Kapitalisme Pendidikan. Jurnal Tarbiyatuna, Vol 7 No 1 (2016),38-52.

Nikmah, F. A., Wardani, N. T., & Matsani, N. (2020). Apakah Kartu Indonesia Pintar Berhasil Menurunkan Angka Putus Sekolah? Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 72. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.581.

Pananrangi., & Rasyid, Andi. (2017). Manajemen Pendidikan. Ebook Perpustakaan Nasional: Celebes Media Perkasa: https://books.google.co.id/

Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Journal of Education Management and Administration Review, 2 (1), 193-204.

Siddik, F., Agnes Yohana Silalahi, Indri E Y Napitupulu, Zahwa Alya Azzahra Nst, Putri Nurul Afifah Bangun, Hannah Selly Melinda Sagala, & Franklin Asido Rossevelt. (2022). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Pada Jenjang Sekolah Dasar (Sd) Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Di Dinas Pendidikan Kota Medan. Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora, 1 (1), 43–52. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.120

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta (Cetakan Ke-19)

Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju

Sukmadinata, Nana Sy. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya

Suparman, Endang. (2020). Implementasi Kebijakan Tentang Program Indonesia Pintar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPPT Priatim. Tasikmalaya.




DOI: 10.24235/equalita.v6i2.19714

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

                

      


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.