PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK USIA DINI

Rijal Assidiq Mulyana(1*), Syifa Siti Fatimah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) STAI Al-Musaddadiyah
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya pengetahuan orangtua terhadap pendidikan seksualitas pada anak usia dini. Orangtua menganggap tabu pendidikan seksualitas serta memiliki ketakutan jika pendidikan seksualitas diberikan pada anak sejak dini dapat memicu timbulnya aktivitas seksual pada anak serta berbagai penyimpangan seksual. Tujuan dari penelitian ini terbagi menjadi dua bagian pertama, agar terdeskripsikannya pendidikan seksualitas pada anak usia dini perspektif Yusuf Madani; kedua, agar terdeskripsikannya peran orangtua terhadap pendidikan seskualitas anak usia dini perspektif Yusuf Madani. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspect emic. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kepustakaan (library research) yang digunakan untuk menyusun konsep dengan analisis isi yang mengacu pada literatur terkait peran orangtua terhadap pendidikan seksualitas anak usia dini, sebagai sumber data primernya. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa pendidikan seksualitas penting untuk diberikan kepada anak sedini mungkin dan yang memiliki peran paling besar dalam memberikan pendidikan seksualitas pada anak usia dini adalah orangtua. Dengan perannya sebagai sebagai pendidik, pengawas, pelatih, pembina, serta fasilitator.

Full Text:

PDF

References


Alucyana, A. (2018). Pendekatan Metode Bermain Peran Untuk Pendidikan Seks Anak

Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2253

Ambarwati, R. (2013). Peran Ibu dalam Penerapan Pendidikan Seksualitas Pada Anak

Usia Pra Sekolah (di TK SBI Kroyo, ,Karangmalang, Sragen). Prosiding

Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah, 197–201.

http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/875.

Anggraini, T., Riswandi, & Ari, S. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan

Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–14.

https://www.researchgate.net/publication/277948153_Educational_Intervention_

Programme_in_Sexual_Education_of_a_Pre-Adoloscent_Boy_with_Prader-

_Willi_Syndrome_A_Case_Study

Appulembang, Y. A., Fajar, N. A., & Tarigan, A. H. Z. (2019). Peran Keluarga dalam

Upaya Pencegahan Perilaku Seks Pranikah Remaja di Palembang. Analitika,

(2), 151. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.3001

Ardianti, S. D. (2017). http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA. Jurnal Pendidikan

Sains (JPS), 5(2), 65–70.

Astuti, S. W. (2017). Pendidikan Seks pada anak taman kanak-kanan melalui metode

permainan ular tangga “Aku Anak Berani.†Promedia, 3(2), 236–251.

http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/801/656

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian

Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Camelia, L., & Nirmala, I. (2017). Penerapan Pendidikan Seks Anak Usia Dini Menurut

Perspektif Islam. Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 27–32.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1720/1449

Damayanti, D. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan

Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And

Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research. Literasi

Nusantar.

Haryono, S. E. (2018). Implementasi Pendidikan Sex Pada Anak Usia Dini Di Sekolah.

Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 3(1), 24–34.

Helmi, A. F., & Paramastri, I. (1998). Efektivitas Pendidikan Seksual Dini Dalam

Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Seksual Sehat. Jurnal Psikologi, 25–34.

Jatmikowati et al. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-AgedChildren. Cakrawala Pendidikan, No. 03, 434–448.

Justicia, R. (2021). Mengenalkan Sex Education pada Anak Usia Dini Bukanlah Hal

Tabu. Webinar Parenting, Zoom Meeting UPI Kampus Cibiru.

Madani, Y. (2003). Pendidikan Seks untuk Anak dalam Islam (I. Kurniawan (ed.)).

Pustaka Zahra.

Mukti, A. (2018). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal

Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2), 89–98.

https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7562

Nirmala, I. (2018). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini dalam Persfektif Hukum Islam.

No. 1(0267), 51–66

Purwandari, E. (2018). Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Seks

Anak. Warta LPM, 21(2), 143–151. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6651

Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode Pendidikan Seks Usia Dini di Indonesia.

Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13 No. 1, 20–27.

Ronosulistyo, H. (2008). Ketika Anak Bertanya Seks. PT Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran

Alternatif Kependidikan, 13(2), 271–286.

https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian

Pendidikan IPA. Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan

IPA , 6(1), 41–53.

Sugiasih, I. (2006). Need Assessment Mengenai Pemberian Pendidikan Seksual Yang

Dilakukan Ibu Untuk Anak Usia 3 – 5 Tahun. Proyeksi, 6(1), 71–81.

Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku

Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243

Ulwan, A. N. (2020). Tarbiyatul Aulad (Pendidikan Anak dalam Islam) (E. Ahmad (ed.)).

Khatulistiwa Pers.

Yafie, E. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE ( Children Advisory

Research and Education ) Volume 4 Nomor 2 Januari 2017.

Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktek Triangulasi dan Kesahihan Riset

Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 283–304.

Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Yayasan Pustaka Obor

Indonesia.

Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

(TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2, 55–68




DOI: 10.24235/equalita.v4i1.10894

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.