PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Saat ini korupsi oleh banyak negara telah dipandang sebagai sebuah kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) karena dampak sistemik yang ditimbulkan oleh tindakan korupsi. Indonesia sebagai Negara berkembang juga menghadapi persoalan korupsi yang menyentuh hampir seluruh sendi kehidupan. Upaya memberantas korupsi yang dianggap efektif dan murah adalah melalui pendidikan. Bidang pendidikan merupakan salah satu upaya preventif terbaik yang bisa dilakukan. Misalnya melalui Pendidikan Anti Korupsi dan menanamkan nilai-nilai integritas pada anak sejak dini. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan Agama Islam dan siswa di SMK Al-Hidayah Cirebon yang berbasis pesantren, telah memahami pengertian dari korupsi dan bentuk-bentuknya. Materi Pendidikan Agama Islam yang dapat diintegrasikan dengan Pendidikan Anti Korupsi antara lain : Memahami Makna Jujur, Pengertian Jujur, Pembagian Sifat Jujur, Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadits Tentang Perintah Berlaku Jujur. Dalam proses pembelajaran menggunakan Model Integrasi dengan metode social learning dan role playing. Hasil dari penelitian diharapkan dapat meningkatkan penerapan prilaku nilai-nilai pendidikan anti korupsi dalam perilaku sehari-hari.
Â
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Anti Korupsi
Â
ABSTRACT
Â
Currently, corruption by many countries has been viewed as an extraordinary crime because of the systemic impact caused by acts of corruption. Indonesia as a developing country also faces the problem of corruption that touches almost all aspects of life. Efforts to eradicate corruption that are considered effective and inexpensive are through education. The education sector is one of the best preventive measures that can be done. For example, through Anti-Corruption Education and instilling integrity values in children from an early age. The approach used in this research is a qualitative descriptive approach.
The results of this study indicate that Islamic religious education teachers and students at the Islamic boarding school-based Vocational School Al-Hidayah Cirebon have understood the meaning of corruption and its forms. Islamic Religious Education materials that can be integrated with Anti-Corruption Education include: Understanding the Meaning of Honest, Understanding Honest, Sharing of Honest Traits, Al-Qur'an Verses and Hadith About the Commandment to Be Honest In the learning process using an Integration Model with social learning and role playing methods. The results of the research are expected to improve the application of anti-corruption educational values in daily behavior.
Â
Keywords: Islamic Religion Education, Anti-Corruption Education, Learning Models.
Full Text:
PDF 114-134References
REFERENSI
Amukowa, Wycliffe & Samson O.Gungs. 2013. “The Role of Anti-Corruption Education in the Light of Aristotelian Concept of Akrasia: An Epistemic Inquiry into the Anti corruption Initiatives in Kenyaâ€. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol 4 No 4.
Ahmadi, Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, Bungin. 2008. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Djaja, Ermanjsah. 2008. Memberantas Korupsi Bersama KPK. Jakarta: Sinar Grafika.
Direktorat Madrasah Kementerian Agama R I, 2013, Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Anti Korupsi di Madrasah. Jakarta :
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2011. Buku Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Elwina, M, 2011, Gerakan, Kerjasama dan Instrumen Internasional. In Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi (pp. 103-118). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Gurning, N. L. 2014. Implementasi Pendidikan Antikorupsi Melalui Warung Kejujuran di SMP Keluarga Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran , Volume 2 No.1
Hakim, L. 2012. Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam-Ta'lim , Volume 10 N0.12.
Hartanti, Evi. 2009. Tindak Pidana Korupsi. Jakarta: Sinar Grafika.
https://aclc.kpk.go.id/materi/pengetahuan-keterampilan-antikorupsi/united-nations-convention-against-corruption-uncac.
Idrus, Muhammad, 2009, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Ed.2 Erlangga, Jakarta.
Karsona, A. M. 2011. "Pengertian Korupsi" dalam Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi (pp. 21-38). DIKTI Kemdikbud RI.
Miles, M.B., and Huberman A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. California: Saga Publication.
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nasution, 2004, Sosiologi Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Nelty Khaeriyah , Endi Suhendi Zen, 2016, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Montessari, M. 2012. Pendidikan Anti Korupsi sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Demokrasi (Jurnal Ilmiah Politik Kenegaraan) ,Volume 11 No.1
Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi. 2011, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Political & Economic Risk Consultancy, Ltd. (2015). "Perceptions of Corruption in Asia, the US and Australia". Asian Intelligence. No.920. Hongkong: Political & Economic Risk Consultancy, Ltd.
Poerwadarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwandari. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP 3 UI.
Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran, Mulia Mandiri Pers, Bandung
Syadilie, H. Muhsin An, dkk. 2012. Konsep Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Spirit.
Syarbini, Amirullah dan Muhammad Arbain. 2014. Pendidikan Anti Korupsi. Bandung: Alfabeta.
Sumiarti. 2007. Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Insania. Volume 12 No.2.
_______ 2015. Survei Persepsi Korupsi 2015. Jakarta: Transparency
International Indonesia.
Sugiono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet
Triyanto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
_______ 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta:
Prestasi Pustaka
Undang-undang No. 20 tahun 2001 “Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsiâ€
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wibowo, Edi. (2010). Implementasi Good Corporate Governance di Indonesia Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.10, No.2, Oktober 2010: 129-138)
Wiyono, R. 2009. Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Jakarta: Sinar Grafika.
Yaqin, N. 2015. Program Pendidikan Antikorupsi di Madrasah. Jurnal Studi Islam Islamuna ,Volume 2 No.2, 267-286.
Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pekerti. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: 10.24235/edueksos.v10i1.7874
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 114-134 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.