MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PROSES PENDIDIKAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Â
Kecerdasan sosial terdiri dari aspek social sensitivity, social insight, dan social communication. Keterampilan-keterampilan sosial ini merupakan keterampilan elementer yang harus dimiliki siswa. Kecerdasan sosial mencakup sikap empati, prososial, kesadaran diri, pemahaman situasi sosial dan etika sosial, keterampilan pemecahan masalah, komunikasi efektif, mendengarkan efektif serta mampu memimpin kelompok. Keterampilan ini dapat diajarkan kepada anak-anak. Orang-orang yang dikuasai dorongan hati yang kurang memiliki kendali diri, mereka menderita kekurangmampuan dalam pengendalian moral. Kecerdasan sosial tidak semata-mata dimiliki oleh setiap orang tetapi untuk memilikinya memerlukan proses pembelajaran sosial. Pembelajaran sosial pada zaman ini masih terus dikembangkan terutama dalam dunia pendidikan yang masih terus diterapkan di banyak sekolah.
Â
Kata Kunci : kecerdasan, sosial, pendidikan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Adi dan Widodo. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Armstrong, Thomas. 2003. Smart Baby’s Brain. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Champbell, Linda dkk. 2002. Multiple Intelligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press.
Gardner, H. 2000. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intellegences (Terjemahan).Jakarta: Gramedia.
Goleman, Daniel. 2007. Sosial Intellegence (Edisi Indonesia). Jakarta: Gramedia.
Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.
Reni Akbar, dkk. 2001. Keberbakatan Intelektual. Jakarta: Grasindo.
Robert, A. Baron. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Sadirman.2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Safaria, T. 2005. Interpersonal Intellegence. Yogyakarta: Amara Books.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.656
Article Metrics
Abstract view : 620 timesPDF - 1072 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.