PROFESIONALISME GURU DALAM MENGENAL PERKEMBANGAN SISWA SEBAGAI SUBJEK BELAJAR
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Kegiatan mengajar yang dilakukan profesional guru tidak hanya berorientasi pada kecakapan-kecakapan berdimensi ranah cipta saja tetapi kecakapan yang berdimensi ranah dan karsa. Sebab dalam perspektif psikologi pendidikan, mengajar pada prinsipnya berarti proses perbuatan guru yang membuat siswa belajar. Perilaku ini meliputi tingkah laku yang bersifat terbuka seperti keterampilan membaca (ranah karsa), bersifat tertutup seperti berpikir (ranah cipta) dan berperasaan (ranah rasa) setiap guru bertanggung jawab menetapkan rumusan sasaran pembelajaran baik yang khusus maupun yang umum sebagai tujuan kegiatan proses mengajar belajar yang harus dicapai setelah kegiatan proses mengajar-belajar selesai. Kepentingan pembelajaran, ada tiga bentuk perkembangan yang terjadi pada setiap manusia, yakni perkembangan motorik yaitu perkembangan yang berkaitan dengan perubahan kemampuan fisik (motor skills), perkembangan kognitif yaitu perkembangan yang berkaitan dengan kemampuan intelektual, perkembangan sosial dan moral yaitu proses perkembangan yang berkaitan dengan proses perubahan cara setiap individu dalam berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.
Â
Kata Kunci: profesionalisme guru, perkembangan siswa, belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dahar, Wilis Ratna. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Gerungan, W.A. 2010.Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kardjono, Moehari. 2010. Mempersiapkan Generasi Cerdas. Jakarta: Qitsthi Press.
Mulyasa, E. 2014.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyono dan Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2012. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.654
Article Metrics
Abstract view : 952 timesPDF - 844 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.