PERKEMBANGAN PERILAKU PSIKOSOSIAL PADA MASA PUBERTAS

Tati Nurhayati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas itu berbeda-beda,tetapicara mereka melampiaskan gangguan ketidakseimbangan tampaknya sama. Beberapa bentuk pelampiasan yang dapat dilihat adalah mudah tersinggung, tidak dapat diikuti jalan pemikirannya ataupun perasaannya, ada kecenderungan menarik diri dari keluarga atau teman, lebih senang menyendiri, menentang kewenangan, sangat mendambakan kemandirian, sangat kritis terhadap orang lain, tidak suka melakukan tugas rumah ataupun sekolah, dan sangat tampak bahwa dirinya tidak bahagia. Proses imitasi yang dialami remaja cenderung berjalan sesuai dengan keadaan yang terjadi pada saat remaja itu sendiri menjalani kehidupannya. Dalam konteks psikologi, pembentukan identitas merupakan tugas utama dalam perkembangan kepribadian yang diharapkan tercapai pada akhir masa remaja. Jika dalam perkembangan itu dapat diatur dengan baik, tentu akan berpengaruh baik terhadap kekuatan psikososial. Secara psikologis, hal itumempengaruhi pola pikir dan pola sikap dari dalam jiwa remaja itu sendiri karena remaja belum mampu menguasai dan memfungsikan secara maksimal fisik maupun psikisnya. Namun, yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa fase remaja merupakan fase  perkembangan yang tengah berada pada fase amat potensial, baik dilihat dari aspek kognitif, emosi, maupun fisik.

Kata Kunci: perilaku, psikososial, pubertas


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi, 2007. Psikologi Sosial, Cetakan Ke-3/Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Agoes Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Alex Sobur. 2011. Psikologi Umum: Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Baron, Robert Adan Donn Byrne.2004.Psikologi Sosial, Edisi Ke-10, Jilid 1(diterjemahkan olehRatna Djuwita, Melania Meitty Parman, Dyah Yasmina, Lita P. Lunanta).Jakarta: Erlangga.

Bimo Walgito. 1999. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI

Chaplin, J. P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (diterjemahkan olehKartini Kartono). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang RentangKehidupan. Jakarta: Erlangga.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja: Perkembangan PesertaDidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock, John W 2003. Adolesence Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto B. Adelar, Sherlysaragih. Jakarta: Erlangga.

Sarlito Wirawan Sarwono. 2012. Psikologi Remaja (Edisi Revisi). Jakarta: RajaGrafindoPersada.

Setiawan Budi Utomo. 2002. Manajemen Gaul Islam. Bekasi: Majalah Ummi edisi 2/ XIV.

Soetjiningsih.2007. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf L.N. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syamsu Yusuf LN.dan Nani M. Sugandhi. 2011. Perkembangan Peserta Didik: Mata KuliahDasar Profesi (MKDP) bagi para Mahasiswa Calon Guru di Lembanga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i1.649

Article Metrics

Abstract view : 1972 times
PDF - 10604 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon