PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MELALUI INTERAKSI PEMBELAJARAN DAN PROSES KOMUNIKASI

Nasehudin Nasehudin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Ketika proses pembelajaran berlangsung terjadilah interaksi antara guru dan siswa, namun interaksi ini bercirikan khusus, karena siswa menghadapi tugas belajar dan guru harus mendampingi dalam belajarnya. Keberhasilan proses belajar-mengajar akan dipengaruhi oleh fakktor-faktor yang mendukung interaksi belajar-mengajar dan erat bertalian dengan proses belajar-mengajar. Sistem pengajaran, baru dapat berlangsung dengan baik apabila guru mengetahui peranannya dan siswa menyadari kedudukannya, sehingga interaksi belajar-mengajar akan melahirkan hubungan yang manis, dan memungkinkan terjadinya peningkatan kualitas hasil belajar. Interaksi belajar-mengajar yang mampu melahirkan hubungan guru untuk menganalisis kebutuhan siswa, kemampuan guru memilih strategi  belajar-mengajar  dan model mengajar yang tepat serta mempunyai kemampuan untuk mengelola kelas. Penerapoan unsur-unsur komunikasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga menciptakan interaksi yang baik  antara guru-siswa, akan merangsang tumbuhnya semacam ‘dialog internal’ pada diri siswa yang belajar. Apabila situasi itu terbentuk maka interaksi yang terjadi akan meluas tidak hanya guru-siswa, akan tetapi interaksi siswa-siswa, siswa-materi, siswa-media, dan siswa-lingkungan.

 

Kata kunci : interaksi, komunikasi, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alavi, Zianuddin. 2003.Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan, Bandung : Angkasa.

Bahri, Syaiful & Zain, Aswan. 2002.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fathurrahman, Pupuh. 2001.Strategi Belajar Mengajar Suatu Pendekatan Baru dan Praktis. Bandung : Tunas Nusantara.

Hamalik, Oemar. 1990.Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung : Sinar Baru.

Roestiyah. 1998.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2003.Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zayadi,Ahmad & Abdul Majid.2004.Tadzkirah “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstualâ€. Jakarta. Rajawali Pers.




DOI: 10.24235/edueksos.v2i1.639

Article Metrics

Abstract view : 1268 times
PDF - 1511 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon