STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI JAWA BARAT
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(3) Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian dilatabelakangi oleh keragaman etinik, suku bangsa, bahasa, warna kulit, agama, dan status sosial masyarakat di Jawa Barat yang berpotensi terjadinya konflik horizontal apabila tidak dibekali dengan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustaan dan teknik konten analisis. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam rangka menumbuhkan sikap saling menghargai, tidak mudah curiga, dan membangkitkan semangat untuk menjaga keutuhan NKRI. Walaupun penelitian mengenai pendidikan multikultural sudah banyak dilakukan, namun kenyataannya model pendidikan seperti ini belum dapat direalisasikan secara utuh dalam jiwa masyarakat Jawa Barat. Oleh karenanya, diperlukan adanya strategi pengembangan pendidikan multikultural untuk menjaga keharmonisan masyarakat di Jawa Barat serta menumbuhkan sikap pluralisme dan menghargai perbedaan. Strategi pengembangan yang dapat dilakukan adalah brainstorming (tukar gagasan) dan pelaksanaan kegiatan, baik yang bersifat wacana (seperti seminar, lokakarya, dan talk show), maupun yang bersifat praktis (seperti riset, penyusunan modul, penyusunan kurikulum baru, pembuatan buku, pelatihan-pelatihan, simulasi, kampanye media dan lainnya).
Â
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Multikultural, Pengembangan
Â
Â
ABSTRACT The research is motivated by the diversity of ethics, ethnicity, language, skin color, religion, and social status of the people in West Java which has the potential for horizontal conflicts if not equipped with multicultural education.This study uses a qualitative analysis with library research methods and content analysis techniques. The data obtained is compiled, analyzed and concluded. The results showed that multicultural education has an important role in the framework of fostering mutual support, not being suspicious, and encouraging the spirit to maintain the integrity of the Unitary Republic of Indonesia. Although research on multicultural education has been done a lot, supporting this educational model cannot be fully realized in the soul of the people of West Java. Therefore, there is a need for a multicultural education development strategy to demand harmony in the community in West Java and also foster pluralism and respect for differences. Development strategies that can be carried out are brainstorming (instead of leadership) and implementation of activities, both those that oppose discourse (such as seminars, training, and talk shows), and also practical ones (such as research, module settings, new curriculum connections, bookmaking, training, simulations, media campaigns, and others). Keywords: Development, Multicultural Education, StrategyFull Text:
73 - 86 PDFReferences
REFERENSI
Al-Abrasyi,A. 1969.At-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falsafatuha. Beirut: Dar al-Fikr.
Baidhawi, Z. 2002. Ambivalensi Agama, Konflik dan Nirkekerasan. Yogyakarta: Lesfi.
Baidi. 2010. Agama dan Multikulturalisme: Pengembangan Kerukunan Masyarakat Melalui Pendekatan Agama, Millah: Jurnal Studi Agama, Edisi Khusus Desember 2010 Studi Islam dalam Multiperspektif, 1-29. https://doi.org/10.20885/millah.ed.khus.art1.
Baldah, W., Sumarna, C., dan Yuniarto, B. 2016. Pengaruh Nilai-nilai Multikultural terhadap Pembentukan Sikap Pluralis Siswa di MTsN Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi,5(1), 115-126. https://doi.org/10.24235/edueksos.v5i1.1117.
Coward, H. 1994. Pluralisme:Tantangan bagi Agama-Agama. Yogyyakarta: Penerbit Kanisius.
Data Rumah Ibadah. 2019. https://jabar.kemenag.go.id/portal/data/data-rumah-ibadah. Diakses 21 Maret 2020.
Effendi,J. 2004. Kemusliman dan Kemajemukan Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, K. 2004. Merawat Keragaman Budaya. Dalam Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.
Ibrahim, R. 2013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Addin: Media Dialektika Ilmu Islam, 7(1), 129-154.https://doi.org/10.21043/addin.v7i1.573.
Jandra, M. 2005. Pluralisme Agama dan Multikulturalisme.Dalam Reivensi Islam Multikultural. Surabaya: PSB-PS UMS.
Jumlah Wisatawan Bulanan yang Datang ke Jawa Barat. 2017. https://jabar.bps.go.id/dynamictable/2020/02/04/206/jumlah-wisatawan-mancanegara-bulanan-yang-datang-ke-jawa-barat-2017.html.
Jumlah Wisatawan Bulanan yang Datang ke Jawa Barat. 2018. https://jabar.bps.go.id/dynamictable/2020/02/04/207/jumlah-wisatawan-mancanegara-bulanan-yang-datang-ke-jawa-barat-2018.html.
Jumlah Wisatawan Bulanan yang Datang ke Jawa Barat. 2019. https://jabar.bps.go.id/dynamictable/2020/02/04/208/jumlah-wisatawan-mancanegara-bulanan-yang-datang-ke-jawa-barat-2019.html.
Jumlah Wisatawan Mancanegaran Bulanan yang Datang ke Jawa Barat. 2016. https://jabar.bps.go.id/dynamictable/2020/02/04/205/jumlah-wisatawan-mancanegara-bulanan-yang-datang-ke-jawa-barat-2016.html.
Junaidi. 2018. Model Pendidikan Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 57-72. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3332.
Nalle, E.S. 2017. Peran Orang Tua, Sekolah dan Masyarakat dalam Membangun Kewargaan (Civil Society) di SMA Negeri 4 Kupang. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi,6(2), 101-120. https://doi.org/10.24235/edueksos.v6i2.2189.
Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Status Kewarganegaraan. 2010. https://sp2010.bps.go.id/index.php/site/tabel?tid=322&wid=3200000000.
Piliang, Y. A. 2004. Dunia yang Dilipat. Bandung: Jalasutra.
Rahmawati, T., & Suniti. 2017. Peran Guru Ilmu Pengetahun Sosial dalam Membangun Karakter Demokratis Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi,6(2), 149-164. https://doi.org/10.24235/edueksos.v6i2.3159.
Ruastati, N. M. 2010. Multikulturalisme dan Pariwisata Bali, Mudra: Jurnal Seni Budaya, 25(2), 108-119.
Ruswandi, U. 2020. Catatan Kuliah Isu-isu Pendidikan Global. Tidak Diterbitkan.
Selvia & Nurizzati, Y. 2017. Upaya Guru dalam Menyikapi Pergeseran Perilaku Siswa dalam Perspektif Nilai-Nilai Budaya Bangsa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi,6(2), 165-178. https://doi.org/10.24235/edueksos.v6i2.3170.
Setiawan, D., & Amal, B. 2016.Membangun Pemahaman Multikultural dan Multiagama Guna Menangkal Radikalisme di Aceh Singkil.Al-Ulum, 16(2), 348-367. https://jurnal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/155.
Shilmy, P. 2017. Pengaruh Pendidikan Multikultural terhadap Pengembangan Civic Virtue Siswa SMP Dan SMA di Sekolah Indonesia Singapura (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/32049/.
Suharsono, S. 2017. Pendidikan Multikultural. Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3.
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017).Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praktik Pendidikan di Indonesia.Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785.
Tabroni, R. 2007. Transformasi Sosial Berbasis Kearifan Lokal dalam Konteks Masyarakat Jawa Barat yang Multikultural. Bandung: Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Jawa Barat Desember 2019. 2019. https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2020/02/03/770/tingkat-penghunian-kamar-hotel--jawa-barat-desember-2019-sebesar-54-82-persen.html.
Tingkat Penghunian Kamar Hotel Jawa Barat Desember 2020. 2020. https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2020/03/02/794/tingkat-penghunian-kamar-hotel-di-jawa-barat-januari-2020-sebesar-45-96-persen.html.
Wirasari, W., Bain, B., & Atno, A..2018. Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah terhadap Sikap Pluralis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018.Indonesian Journal of History Education, 6(1), 76-88.
DOI: 10.24235/edueksos.v9i1.6385
Article Metrics
Abstract view : 93 times73 - 86 PDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.