ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
(1) Akademi Maritim Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan teknologi digitalisasi memiliki nilai positif dalam kegiatan usaha yaitu interaksi antara penjual dan pembeli dalam transaksi kegiatan usaha tanpa harus berinteraksi langsung atau tanpa bertatap muka, biaya yang digunakan relatif murah, semakin tidak terasanya faktor jarak, serta ketersediaan selama 24 jam secara penuh. Kurangnya pemahaman terhadap strategi pemasaran serta terhadap peluang pengembangan kegiatan usaha melalui sistem teknologi digitalisasi merupakan permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro serta memperoleh kajian mendalam terhadap konsep strategi pemasaran yang relevan bagi pelaku usaha mikro di era Revolusi Industri 4.0 dan mengembangkan kegiatan usaha melalui sistem teknologi digitalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian yaitu menganalisa strategi pemasaran yang tepat bagi pelaku usaha mikro di era Revolusi Industri 4.0 dalam rangka mengembangkan usahanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat empat komponen utama dalam penerapan strategi pemasaran yaitu spesifikasi produk dengan merek, analisis penetapan harga, distribusi yang digunakan, dan mekanisme mengenalkan produk dengan melakukan edukasi terhadap konsumen. Keberlangsungan sebuah kegiatan usaha tergantung dari kualitas yang dihasilkan. Tanpa kualitas yang baik, modal yang sudah dikeluarkan akan sulit mencapai tingkat pengembalian produksi maupun tingkat pengembalian investasi. Standar kualitas ini merupakan tolak ukur yang diyakini dan dilaksanakan dengan komitmen sebagai sebuah filosofi dalam berbisnis bagi pelaku usaha mikro. Standar kualitas ini harus menjiwai strategi marketing dari mulai internal marketing, eksternal marketing maupun interaktive marketing
 Kata kunci : Pelaku usaha mikro, revolusi industri 4.0, strategi pemasaran
ABSTRACT
The use of digitalization technology has a positive value in business activities namely the interaction between the seller and the buyer in the transaction of business activities without having to interact directly or without face-to-face, the cost used relatively cheaply, the less noticeable the distance factor, and the availability for 24 hours in full. Lack of understanding of marketing strategies as well as business activity development opportunities through digitalization technology systems is an issue that will be reviewed in this study.
This research aims to obtain an overview of marketing strategies carried out by micro-entrepreneurs as well as obtain an in-depth study of the concept of marketing strategies relevant to micro-enterprises in the era of Industrial Revolution 4.0 and develop business activities through digitalization technology systems. This research uses a qualitative approach with a research focus that is analyzing the right marketing strategies for micro-entrepreneurs in the era of the Industrial Revolution 4.0 to grow their business. The data collection techniques used in this study are observation techniques, interview techniques, and documentation techniques.
This research hypothesizes that there are four main components in the implementation of marketing strategies, namely product specifications by brand, pricing analysis, the distribution used, and mechanisms of introducing products by educating consumers. The sustainability of business activity depends on the quality produced. Without good quality, the capital already issued will be difficult to achieve the level of return on production as well as the rate of return on investment. This quality standard is a benchmark that is believed and implemented with a commitment as a philosophy in doing business for micro-businesses. This quality standard should animate marketing strategies ranging from internal marketing, external marketing, and interactive marketing.
Keywords: Marketing strategy, micro-business struggle, industrial revolution 4.0
Â
Full Text:
PDF 1-19References
REFERENCES
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta. Rineka Cipta.
A.T, Soegito. 2011 Total Quality Manajemen (TQM) Di Perguruan Tinggi. UPT UNNES Press. Semarang
Eka, Permana. 2010. Kearifan Lokal Masyarakat Baduy dalam menghadapi bencana. Jakarta. Wedatama Widya Sastra.
Fadly, Muhtad dan Wantoro, Agus. 2020. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) dengan Kombinasi Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ekonom Bisnis. Vol. 25. No. 2, Hal. 149-158
Handajani, L., Furkan, L. M. A., dan Rifa’i, A. 2019. Penggunaan Pemasaran Digital pada Usaha Home Industry Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani. Vol. 6. No. 3, Hal. 409-421
Khalwani, Khavid dan Nurizzati, Yeti. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Komunikasi (Smartphone) Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. Jurnal Edueksos. Vol. 8. No 2, Hal. 161-176.
Khodijah, Siti dan Nurizzati,Yeti. 2018. Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di MAN 2 Kuningan. Jurnal Edueksos. Vol. 7. No 1, Hal. 14-27.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran 1. Milenium ed. Jakarta. PT. Prenhalindo
Kotler, P dan Amstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid II Edisi ke 8. Jakarta. Erlangga
Kotler, P & Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12. Jakarta. Erlangga.
Kotler, P & Amstrong, G. 2014. Principles of marketing 15Eth. New Jersey: Pearson Prentice Hall
Kotler, P., & K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, cetakan Ketigabelas. Jakarta. Erlangga.
Kurtz, D. L. 2008. Principles of contemporary Marketing. Stamford. Educational Publishing
Miller, R.L. dan Meiners E, R. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate, penerjemah Haris Munandar. Jakarta . PT Raja Grafindo Persada.
Mowen, J. C., & M. Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid I. Jakarta. Erlangga.
Parasuraman, A. 2000. Technology Readiness Index (TRI): Multiple Item Scale to Measure Readiness to Embrace New Technologies. Journal of Service Research, Vol. 2. No. 4, Hal 307-320
Pienrasmi, Hanindyalaila dan Rinova, Dora. 2019. Perubahan Lands Cape Komunikasi Pemasaran Di Era Digital pada Kelompok Pengrajin Batik Tulis Lampung. Jurnal Sosial dan Humanis Sains. Vol. 4. No. 1, Hal. 43-55.
Prasetyo , H. dan Sutopo, W. 2018. Industri 4.0 : telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. Jati Undip : Jurnal tekhnik Industri undip. Vol. 13. No. 1, Hal. 17-26.
Pratama, Yuga. 2019. Analisa Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Online (Pada Masyarakat Jabodetabek) Produk Online (Pada Masyarakat Jabodetabek). Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3. No. 1, Hal. 25
Ridwan, N.A. 2007. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya Vol.5. No. 1, Hal 27-38..
Sartini, N. W. 2009. Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat ungkapan (Bebasan, Saloka, dan Paribasa). Jurnal Ilmiah dan Sastra. Vol. 5. No. 1, Hal. 28-37.
Sigit, Soehardi. 2002. Pemasaran Praktis Edisi 3. Yogyakarta. BPFE
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
We are sosial. 2019. Data Pengguna Telepon, Internet, Media Sosial Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia (diakses tanggal 25 Februari 2020)
Wood, M. B. 2009. Buku Panduan Perencanaan Pemasaran, Edisi Ketiga. Jakarta. PT Indeks
DOI: 10.24235/edueksos.v10i1.6371
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 1-19 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.