PROFESIONALISME GURU EKONOMI DAN INOVASI PEMBELAJARAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Ruang lingkup ilmu pengetahuan sosial (IPS) diantaranya meliputi “kehidupan manusia dalam masyarakatâ€. Ruang lingkup IPS tersebut merupakan cakupan yang amat luas, sehingga dalam proses pembelajarannya harus dilakukan bertahap dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan kemampuan peserta didik dan lingkup obyek formal IPS
Profesionalisme sebagai pandangan untuk selalu berpikir, berpendirian, bersikap, bekerja dengan sungguh-sungguh, kerja keras, bekerja penuh waktu, disiplin, jujur, loyalitas tinggi dan penuh dedikasi untuk keberhasilan pekerjaannya. Inovasi sebagai suatu ide, gagasan, praktik atau obyek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Guru ekonomi merupakan jabatan profesional, sehingga membawa konsekuensi untuk memiliki etika, wawasan, pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bidang studi ekonomi, agar guru bidang studi ekonomi memiliki syarat profesional tersebut, maka seorang calon guru ekonomi harus mengalami apa yang dinamakan “pendidikan profesi†yang dimaksud dengan pendidikan profesi adalah suatu proses pendidikan yang memungkinkan guru ekonomi dapat mengembangkan berbagai aspek pendidikan ekonomi yang diembannya.
Kata kunci: profesionalisme, inovasi, pembelajaran ekonomi.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung : Alfabeta.
Budiwati N dan Permana L. 2010. Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Bandung : Laboratorium Pendidikan Ekonomi dan Koperasi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI.
Daryanto dan Rahardjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: 10.24235/edueksos.v2i1.636
Article Metrics
Abstract view : 753 timesPDF - 876 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.