PENTINGNYA PEMBELAJARAN IPS TERPADU

Etty Ratnawati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Peningkatan kualitas tenaga pendidik IPS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik di sekolah, merupakan prioritas yang harus diperhatikan secara serius,sehingga pembelajaran IPS dengan menggunakan cara konvensional dapat ditinggalkan oleh para guru. Mereka perlu dibekali tentang pola pembelajaran IPS terpadu dengan mantap, dan dilatih dengan model-model pembelajaran berpusat pada peserta didik.Dengan demikian, pembelajaran IPS yang diterima oleh peserta didik menjadi bermakna, baik untuk kehidupan pribadinya maupun untuk kehidupannya dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.Harus disadari secara mendalam oleh guru-guru IPS bahwa, penerapan terpadu dalam pembelajaran IPS mengandung arti yang strategis untuk pembangunan nasional atau kehidupan berbangsa dan bernegara.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Iif Khoiru & Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Daldjoeni. 1992. Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni.

Depdiknas RI. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : FKIP Unud.

____________. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat

Negah Bawa Atmadja. 1992. Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Implikasinya dalam Pendidikan Sejarah. Artikel dalam Aneka Widya, Singaraja: FKIP Unud.

Nu’man Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosdakarya.

Nursid Sumaatmadja. 1986. Perspektif Studi Sosial. Bandung : Alumni.

Oemar Hamalik. 2003. Pendidikan Guru. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar IPS. Bandung : Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

___________. 2009. PendidikanIPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya.

Sudihardjo.2004. Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogayakarta : Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

http://tugassyifa.blogspot.com/2011/10/pendapat-para-ahli-tentang-ips-sd.html

http://naiwa-85.blogspot.com/2011/10/definisi-ilmu-sosial-studi-sosial-dan.html

http://sejarawanislam.blogspot.com/2012/07/pelajaran-ips-yang-membosankan-atau.html.




DOI: 10.24235/edueksos.v2i1.635

Article Metrics

Abstract view : 2031 times
PDF - 4565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon