PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PAJAK
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) UPI Bandung
(3) UPI Bandung
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran yang tepat digunakan pada kelas akan menimbulkan semangat belajar siswa. Siswa tidak akan merasa bosan dan siswapun dapat dilatih untuk berfikir kreatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pajak dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ciwidey Kabupaten Bandung. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu XI IPS 1 dengan jumlah 34 siswa. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) untuk mengetahui efek perlakuan (treatment). Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan Kriteria pengujiannya adalah jika Sig. (Signifikansi) atau nilai probabilitas < 0,05 maka distribusi adalah tidak normal, sedangkan jika nilai signifikansi atau nilai probabilitas > 0,05 maka distribusi adalah normal. Dalam kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan metode problem solving memperoleh nilai rata-rata 79 sebelum perlakuan nilai rata-rata dineroleh 27 dengan nilai KKM 70. Pada ketentusan indikator kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pemberian soal esai sebanyak 5 nomer maka rata-rata nilai diperoleh 66,95 dengan kategori baik.
Kata Kunci: Problem Solving, kemampuan pemecahan Masalah, Mata                                       Pelajaran Ekonomi
Â
ABSTRACT
Appropriate learning methods used in class will encourage students' learning enthusiasm. Students will not feel bored and students can be trained to think creatively. This study aims to determine how much influence the students' problem solving abilities have on economic subjects tax material using the problem solving method. This research was conducted at SMAN 1 Ciwidey, Bandung Regency. The subjects of this study were students of class XI majoring in Social Sciences (IPS) namely XI IPS 1 with a total of 34 students. The method to be used is quasi-experimental (quasi-experimental) to determine the treatment effect. Data analysis techniques using the validity and reliability test, normality test and hypothesis test. The results of the study concluded that the testing criteria were if Sig. (Significance) or probability value <0.05 then the distribution is not normal, whereas if the significance value or probability value> 0.05 then the distribution is normal. In problem solving abilities students use the problem solving method to obtain an average value of 79 before treatment with an average value of 27 with a KKM value of 70. In the determination of the indicators of students' problem solving abilities by giving essay questions by 5 numbers, the average value is 66, 95 with a good category.
Keywords: Problem Solving, Problem Solving Ability, Economic Subjects
Full Text:
PDF 80-94References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu Wardani, N. M., Suniasih, N. W., & Sujana, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 37. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hidayat, K. (n.d.). Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving Dengan Metode Ceramah Diskusi Di Sma Muhammadiyah.
Ifanali. (2014). Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas Vii. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(Maret), 147–158. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3217
Maliki, I. M. A. M., Hidayat, A., & Rukmijati. (2016). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sman 9 Malang Pada Topik Suhu Dan Kalor. Jurnal.Unej.Ac.Id, 1(1995), 801–807. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3726
Mufarokah, Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Nasution. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pembelajaran Melalui Kegiatan Laboratorium, P., Usrotin, D., Eko Nugroho Jurusan Fisika, S., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan, F. (2013). UPEJ 2 (3) (2013) Unnes Physics Education Journal. 2(3).
Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele. Jurnal Didaktik Matematika.
Utami, Excaferina. (2016). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Variabel Moderator Kemandirian Belajar Siswa. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia (tidak diterbitkan).
Wijaya, A. K. (2020). Integrasi Model Role Playing dengan Multimedia terhadap Keterampilan Partisipsi Sosial Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. Volume 9 (1). 98-113. DOI: 10.24235/edueksos.v9i1.6420. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/6420
DOI: 10.24235/edueksos.v9i2.6347
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF 80-94 - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.