PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS Di SD Pagotan I Kecamatan Geger Madiun

Sodiq Anshori(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Perbaikan praktik pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas merupakan alternatif bagi pengembangan kualitas pembelajaran yang berorientasi kemaslahatan peserta didik. Disisi lain bisa meningkatkann profesionalisme guru.
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan guru dalam penerapan asesmen portofolio dalam Pembelajaran IPS di kelas VI melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas ini di kelas VI SD Negeri Pagotan 01, Geger, Madiun. Manfaat hasil penelitian secara teoritis, dapat memberikan sejumlah informasi guna meningkatkan profesionalisme guru.
Tipe penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) menggunakan †Model Spiral dari Kemmis dan Taggart â€. Pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan (purposive sample) dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa yang duduk di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pagotan I Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Penelitian Tindakan Kelas, dari Siklus 1 ke Siklus 2 nampak adanya peningkatan, nilai rata-rata per kelas untuk siklus 1 adalah 6,75, nilai tertinggi 8 dan terendah 6. Siklus 2 nilai rata-rata 7,5, nilai tertinggi 8,5 dan terendah 6,5, sedangkan untuk Siklus 3 yaitu  9,29 (nilai rata-rata), 10 (nilai tertinggi) dan 8,5 (nilai terendah).
Penelitian tindakan kelas sebagai pendukung dalam mengembangkan  Profesionalisme Guru perlu diwujudkan. Karena dengan melalui PTK proses pengembangan Profesionalisme guru dalam pengajaran sangatlah nampak.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Profesionalisme Guru, Pembelajaran IPS
Daftar Pustaka
Hopkins. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.
Kemmis, S. and McTaggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Komara, Endang , Peran Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, diakses 21 Januari 2011 dari http://khoirulanwari. wordpress.com/about/peran-penelitian- tindakan-kelas-ptk-dalam-meningkat kan-profesionalisme-guru/
Yamin, Martinis, (2011), Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta, Gaung Persada Press.
Wardani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Modul UT. Jakarta. Universitas Terbuka.



Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/edueksos.v2i1.623

Article Metrics

Abstract view : 570 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon