MENILAI METODE PENGAJARAN IPS DI SEKOLAH
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Upaya pelaksanaan pendidikan atau pengarajan IPS di sekolah kita, sampai hari ini dinilai masih belum berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini, boleh jadi diebabkan karena belum didukung dengan adanya pemilihan dan penggunaan metode pengajaran yang tepat dan memadai. Para guru dalam memilih dan menggunakan metode pengajaran cenderung masih kurang memeperhatikan aspek-aspek relevansi dengan substansi meteri yang seharusnya diajarkan. Dalam pemilihan dan penggunaan metode pengajaran, para guru cenderung masih disulitkan dengan aspek-aspek tertentu yang mempengaruhinya, seperti; tujuan pada kurikulum yang sulit dipahami, sehingga berdampak pada sulitnya guru dalam merumuskan tujuan khusus dan melakukan pemilihan dan penggunaan metode pengajaran, faktor kompetensi guru yang masih rendah, kondisi siswa, situasi dan juga fasilitas yang belum kondusif sehingga semuanya menjadi kendala dalam pemilihan dan penggunaan metode pengajaran. Oleh karena itu, ke depan, agar dalam pengajaran atau pendidikan IPS didukung dengan adanya upaya pemilihan dan penggunaan metode pengajaran yang tepat dan memadai, maka perlu dilakukan upaya perbaikan-perbaikan, seperti; rekonstruksi kurikulum, peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru, melakukan pengawasan dan pembinaan secara sinergis antara guru, sekolah, orang tua dan masyarakat terhadap siswa, optimalisasi pemilihan dan penggunaan berbagai metode secara tepat dan memadai dalam pembelajaran, penciptaan situasi pengajaran atau pendidikan IPS yang kondusif dan humanis serta pemenuhan fasilitas yang lengkap dan memadai.
Kata Kunci:Â Menilai, Metode, Pengajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
Al Attas, Syed Muhammad al Naquib. 1998. Filsafat dan Praktek Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Ahmadi & Amri, 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arifin, M. 1991. Ilmu Pendidikan: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharudin & Makin. 2011. Pendidikan Humanistik. Ar Ruzz Media, Jogjakarta
Basyirudin, Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Dani & Edwi, 2011. Pengantar Sosiologi Dasar. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Daradjat, Zakiah. 1997. Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.
_________ 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dasim, Budimansyah. 2003. Model Pembelajaran Portofolio. Bandung: Genesindo.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Etin & Raharjo, 2011. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Haribowo, Herwindo dan Safari, 1993. Menjadi Penulis Soal yang Bermutu Baik. Jakarta: Buletin Pengujian dan Penilaian Agustus 1993.
Hadari, Nawawi. 1993. Pendidikan dalam Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Khoe Yao Tung, 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional. Jakarta: Abdi Tandur.
Mahmud. 2012. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustakasetia.
Nasution, 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Rachman, Arief. 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan. Jakarta: Transformasi UNJ.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sudjana, Nana. 1988. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru AlgeNsindo.
Suyanto, dan Hisyam, 2001. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karyanusa.
Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid, 2005. Tadzkirah: Pembelajaran Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: 10.24235/edueksos.v3i2.619
Article Metrics
Abstract view : 434 timesPDF - 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.