ASSESSMENT PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI DALAM SOROTAN

nuryana nuryana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rendahnya kualitas pendidikan nasional pada dasarnya disebabkan oleh banyak factor. Salah satu factor tersebut diantaranya ialah terletak pada implementasi penilaian pembelajaran. Sampai hari ini implementasi penilaian hasil pembelajaran disinyalir masih terdapat banyak kekeliruan, penyimpangan dan inkonsistensi pelaksanaan penilaian baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun analisis dan pengembangan penilaian. Untuk itu, guna merekonstruksi system penilaian hasil belajar ke depan yang lebih baik, maka perlu dilakukan upaya pembenahan dalam berbagai bidang seperti; meluruskan tolok ukur keberhasilan belajar atau pendidikan. Pencapaian prestasi atau hasil belajar peserta didik dipahami tidak hanya terfokus pada pencapaian aspek kuantitatif semata. Kebijakan yang diambil harus dapat dijaga dan diaktualisasikan keberadaannya dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, perlu untuk ditegakkan suatu hukum (law inforcement). Sehingga, siapapun, kapanpun dan di manapun yang melanggar koridor-koridor penilaian pendidikan, kiranya dapat ditindak dengan seadil-adilnya.

Kata kunci: Assessment, Acievement test, Pembelajaran, Guru

Full Text:

PDF

References


Arief Rachman, 2003. "Mengurai Benang Kusut Pendidikan". Transformasi UNJ, Jakarta.

Cece Wijaya, dkk, 1992. "Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran". PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Chabib Thoha, 1994. "Teknik Evaluasi Pendidikan". PT. Rajagrafindo, Jakarta

Darmaningtyas, 1999. "Pendidikan Pada Dan Setelah Krisis: Evaluasi Pendidikan di Masa Krisis". LPIST dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Dunn, W.N., 2000. "Public Policy Analysis : An Introduction (terjemahan S. Wibawa, dkk.) Gajah Mada University Press, Yogya, Cetakan IV

Depdiknas, 2002. "Mengembangkan Kebijakan Pendidikan Tingkat Kabupaten.

Herwindo Haribowo dan Safari, 1993. "Menjadi Penulis Soal Yang Bermutu Baik". Buletin Pengujian dan Penilaian, Agustus 1993, Jakarta.

Irene Astuti, 1999. "Reformasi Pendidikan Untuk Mengurangi Perilaku Anarki dan Menuju Masyarakat Madani". Cakrawala Pendidikan, Juni 1999, Thn. XVIII, N0 3

Kaufman, Roger dan Susan Thomas, 1980. "Evaluation Without Fear". United States of America, New York.

Khoe Yao Tung, 2002. "Simphoni Sedih Pendidikan Nasional". Abdi Tandur, Jakarta

Ki Supriyoko, "Seriuslah Membenahi Pendidikan". Kompas, 21 Agustus 2000, hal 4., Jakarta.

Masidjo, 1995. "Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah". Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Ngalim Purwanto, 1994. "Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran". Penerbit Rosdakarya, Bandung.

Oemar Hamalik, 1994. "Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran". Penerbit Trigenda Karya, Bandung.

Suyanto dan Hisyam Jihad, 2001." Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III". Adicita Karyanusa, Yogyakarta

Suharsimi Arikunto, 1999. "Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan". Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

______________, 1988. "Penilaian Program Pendidikan". Depdikbud Dirjen Dikti, Jakarta.

Siti Irene A.D., 1999. "Reformasi Pendidikan untuk Mengurangi Perilaku Anarkhi dan Menuju Masyarakat Madani" Cakrawala Pendidikan, Juni Edisi XVIII No.3




DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.618

Article Metrics

Abstract view : 486 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon