ASSESSMENT PEMBELAJARAN IPS-EKONOMI DALAM SOROTAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya kualitas pendidikan nasional pada dasarnya disebabkan oleh banyak factor. Salah satu factor tersebut diantaranya ialah terletak pada implementasi penilaian pembelajaran. Sampai hari ini implementasi penilaian hasil pembelajaran disinyalir masih terdapat banyak kekeliruan, penyimpangan dan inkonsistensi pelaksanaan penilaian baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun analisis dan pengembangan penilaian. Untuk itu, guna merekonstruksi system penilaian hasil belajar ke depan yang lebih baik, maka perlu dilakukan upaya pembenahan dalam berbagai bidang seperti; meluruskan tolok ukur keberhasilan belajar atau pendidikan. Pencapaian prestasi atau hasil belajar peserta didik dipahami tidak hanya terfokus pada pencapaian aspek kuantitatif semata. Kebijakan yang diambil harus dapat dijaga dan diaktualisasikan keberadaannya dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, perlu untuk ditegakkan suatu hukum (law inforcement). Sehingga, siapapun, kapanpun dan di manapun yang melanggar koridor-koridor penilaian pendidikan, kiranya dapat ditindak dengan seadil-adilnya.
Kata kunci: Assessment, Acievement test, Pembelajaran, GuruFull Text:
PDFReferences
Arief Rachman, 2003. "Mengurai Benang Kusut Pendidikan". Transformasi UNJ, Jakarta.
Cece Wijaya, dkk, 1992. "Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran". PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Chabib Thoha, 1994. "Teknik Evaluasi Pendidikan". PT. Rajagrafindo, Jakarta
Darmaningtyas, 1999. "Pendidikan Pada Dan Setelah Krisis: Evaluasi Pendidikan di Masa Krisis". LPIST dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Dunn, W.N., 2000. "Public Policy Analysis : An Introduction (terjemahan S. Wibawa, dkk.) Gajah Mada University Press, Yogya, Cetakan IV
Depdiknas, 2002. "Mengembangkan Kebijakan Pendidikan Tingkat Kabupaten.
Herwindo Haribowo dan Safari, 1993. "Menjadi Penulis Soal Yang Bermutu Baik". Buletin Pengujian dan Penilaian, Agustus 1993, Jakarta.
Irene Astuti, 1999. "Reformasi Pendidikan Untuk Mengurangi Perilaku Anarki dan Menuju Masyarakat Madani". Cakrawala Pendidikan, Juni 1999, Thn. XVIII, N0 3
Kaufman, Roger dan Susan Thomas, 1980. "Evaluation Without Fear". United States of America, New York.
Khoe Yao Tung, 2002. "Simphoni Sedih Pendidikan Nasional". Abdi Tandur, Jakarta
Ki Supriyoko, "Seriuslah Membenahi Pendidikan". Kompas, 21 Agustus 2000, hal 4., Jakarta.
Masidjo, 1995. "Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah". Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Ngalim Purwanto, 1994. "Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran". Penerbit Rosdakarya, Bandung.
Oemar Hamalik, 1994. "Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran". Penerbit Trigenda Karya, Bandung.
Suyanto dan Hisyam Jihad, 2001." Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III". Adicita Karyanusa, Yogyakarta
Suharsimi Arikunto, 1999. "Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan". Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
______________, 1988. "Penilaian Program Pendidikan". Depdikbud Dirjen Dikti, Jakarta.
Siti Irene A.D., 1999. "Reformasi Pendidikan untuk Mengurangi Perilaku Anarkhi dan Menuju Masyarakat Madani" Cakrawala Pendidikan, Juni Edisi XVIII No.3
DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.618
Article Metrics
Abstract view : 486 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.