POLA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK SIKAP SISWA

Royan royan(1*), Nuryana Nuryana(2), D Suryatman(3),


(1) IAIN Sykeh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Sykeh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Sykeh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRAK

 

            Pendidikan multikultural dalam mewujudkan sebuah bangsa yang kuat maju adil dan makmur tanpa membedakan etnis ras agama dan budaya. Di era globalisasi yang sekarang semakin cepat ini akan memberikan dampak yang baik dan buruk sehingga dalam hal ini banyaknya siswa yang saling ingin menang sendiri, mumudarnya intoleransi terhadap sesama ini memicu timbulnya konflik dalam sekolah sehingga pendidikan multikultural ini merupakan stategi pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya sebagai pemersatu dan mengembangkan sikap antar sesama

            Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif sementara teknik pengumpulan data menggunakan  studi wawancara, dokumntasi dan observasi dengan subyek yang digunakan dalam penelitian adalah guru dan siswa-siswi MTs Nasuhiyyah dan analisa data dengan mengunakan pengumpulan data, seleksi dan reduksi.

            Hasil penelitian menyatakan bahwa pendidikan multikultural di MTs Nasuhiyyah  merupakan suatu pengembangan untuk menjadikan siswa siswi lebih toleran memiliki sikap yang  baik menghargai perbedaan satu sama lain serta saling mendukung satu sama lain guna terwujudnya Indonesia yang unggul.

 

Kata kunci : pola pendidikan, multikultural, sikap

 

ABSTRACT

 

Multicultural education in realizing a strong, developed nation that is just and prosperous without distinguishing between ethnic, racial, religion and culture. In the era of globalization which is now increasingly fast will have good and bad impacts so that in this case many students who want to win each other alone, the morbidity of intolerance towards each other triggers conflict in schools so that multicultural education is an educational strategy that develops cultural values as a unifier and develop attitude between people

            This research is a qualitative study using descriptive methods while data collection techniques using interview studies, documentations and observations with the subjects used in the study are teachers and students of Nasuhiyyah MTs and data analysis using data collection, selection and reduction.

The results of the study stated that multicultural education at MTs Nasuhiyyah was a development to make students more tolerant to have a good attitude respecting each other's differences and supporting each other in order to realize a superior Indonesia.

 

Keywords: educational patterns, multicultural, attitudes

                                                     


Full Text:

16 - 26 PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azra Azyumardi, (2003). Pendidikan Multikultural, Membangun kembali indoensia Bineka Tunggal Ika dalam Tsaqofah.

Anita Lie. Mengembangkan Model Pendidikan Multikultural, http://www.kompas.com/kompascetak/1511/18/opini/2921517.htm.

Banks, James A. (1987). Multicurtural Education: Issues and Perspectivies. Boston-London: Allyn and Bacon Press.

Choirul Mahmud, (2009). Pendidikan Multikultural, cet.3 (yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Ekstrand, L. H. (1997)’’Multikultural Education,’’ dalam Saha,Lawrence J. (eds.). http://www.educationword.com/a admin/admin/admin29.9.shtml.

Hanum, Farida dan Setya Raharja.(2006). Pengembangan Model dan Modul Pendidikan Multikultural di PSD (Sebagai Suplemen Mata Pelajaran IPS) Laporan Peneliti. yogyakarta: Lemlit UNY.

Hilmy. (2003). Menggagas Paradigma Pendidikan Berbasis Multikulturalme Jurnal Ulumuna Mataram: STAIN, Vol,VII. Edisi 12 no.12 (juli-desember).

Waahid, Abdul, Mashadi Imron, 2009, Pendidikan Agama Islam Dalam Persfektif Multikulturalisme, Balai Litbang Agama. Jakarta.

M. Ainul Yaqin, (2005) Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media).

Moh. Yamin dan Vivi Aulia,(2011). Meretas Pendidikan Toleransi Plurlisme dan Multikulturalisme Keniscayaan Peradaban, Malang: Madani Media.

Naim, Nganium & Sauqi, Achmad, (2010). Pendidiikan Multikutural, Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sri Utami Rahayuningsih. (2008). Sikap (attitude). http://www.Atttitude,blogspot.com.

Sutarno. (2007). Pendidikan Multikultural. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sukardjo & Komarudin, (2009), Landasan Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H.A.R, (2001), Multikulturalisme, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Yaqin, Ainul, (2005), Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Nusa Aksara.




DOI: 10.24235/edueksos.v9i1.6121

Article Metrics

Abstract view : 66 times
16 - 26 PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon