MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP di MTs NEGERI I KOTA CIREBON

Suniti Suniti(1*), Mahdi Mahdi(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat dibutuhkan di dalamnnya, dan diharapkan guru dapat memiliki model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang akan disampaikan. Proses pembelajaran berbasis lingkungan hidup memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pemahaman dan kompetensi yang diharapkan; dengan cara siswa melakukan  pengamatan, wawancara dan melakukan secara langsung apa-apa yang ada dan berlangsung di lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah  maupun lingkungan sekolah. Dengan model pembelajaran ini peserta didik dapat melakukan wawancara kepada masyarakat di lingkungan rumah di mana peserta didik tingal, sehingga peserta didik  mendapatkan sesuatu yang ingin diketahui dari orang lain yang dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan materi atau topik yang sedang dipelajari.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alpusari, Mahmud, 2013.“Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Dasar Pekanbaruâ€. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau . Volume 2 Nomor 2 Oktober2013

Bruce Joyce, Marsha W, Emily Colhoun, Model’s of Teaching, Pustaka Pelajar.

Barlia, Lily, 2008, Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar , Subang, Royyan Press.

Depdiknas, 2003, Undang-Undang istem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Jakarta, Depdiknas.

Doni Juni Priansa, 2017, Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran, Bandung, Pustaka Setia.

Gunawan, Rudy, 2014, Penge,bangan Kompetensi Guru IPS, Bandung, Alfabeta.

Husein, Harum M. 1993. Lingkungan Hidup: Masalah Pengelolaan dan Penegakan Hukumnya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1993

Kusmarni, Yani, Pendidikan IPS Berwawasan Lingkungan Dalam Menghadapi TantanganAbadKe-21diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/Jur._Pend._Sejarah/196601131990012Yani_Kusmarni/Mengembangkan_Pendidikan_IPS_Berwawasan_Lingkungan.pdf.

Mulyasa, 2014,Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Neolaka, Amos, 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

http://irisindonesia.com/detailpost/beberapa-permasalahan-lingkungan-hidup-di indonesia

Nugroho, Prasetyo Adi, 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkunganâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 22, Nomor 2, Desember 2016, hlm. 125-133

Oemar Hamalik, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.

Afandi, Rifki, 2013. “Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijauâ€. Jurnal Pedagogia Vol. 2,No. 1, Februari 2013: Halaman 98-108

Rusman, 2010, Model-Model Pembelajaran, Bandung, Mulia Mandiri Pers.

Sapriya, 2011, Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran,Bandung, Remaja Rosdakarya.

Supardi, Bahrudin, 2009. Berbakti Untuk Bumi. Bandung: Rosdakarya

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto, 2014, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta, Perdana media Grup




DOI: 10.24235/edueksos.v8i1.4845

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon