Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Geografi Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik
(1) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
(*) Corresponding Author
Abstract
AIyatrak
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali perubahan alam yang terjadi. Perubahan alam tersebut seperti munculnya berbagai macam permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam maupun tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, karakter kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan pada setiap individu. Untuk mewujudkan karakter tersebut bisa dilakukan memalui pengelolaan lingkungan yang merupakan bagian dari literasi geografi yang biasanya disampaikan pada pembelajaran IPS yang berbasis literasi geografi. Pembelajaran IPS merupakan salah satu cara tepat untuk menumbuhkan karakter kepedulian lingkungan kepada para siswa. Dimana mata pelajaran IPS tidak hanya menekankan pada masalah-masalah sosial di masyarakat melainkan bersifat terpadu yang juga membahas mengenai pengelolaan lingkungan alam yang mampu menumbuhkan karakter peduli lingkungan, yang nantinya akan menjadi perilaku pada diri setiap peserta didik disetiap harinya. Karya tulis ini dibuat untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan karakter peduli lingkungan diterapkan. Karya tulis ini menggunakan metode penggunaan data dengan melalui teknik studi pustaka yang diperoleh melalui berbagai sumber dan jurnal.
Â
Abstract
Along with the times, a lot of natural changes that happened. Changes in nature such as the emergence of various kinds environmental problems caused by natural factors or human actions that do not to be responsible. Therefore, the character of concern for the environment must be instilled in each individual. For realizing this character can be done through management environment which is part of the usual geographical literacy delivered on social studies learning based on geography literacy. Social studies learning is one of the right ways to foster the character of environmental care for students. Where Social studies subjects not only emphasize social problems at the community is integrated but also discusses about management of the natural environment that is able to foster caring characters environment, which will later become behavior in each student everyday. This paper was made to find out how the process of forming the character caring for the environment is applied. This paper uses methods of data usage through library study techniques obtained through various sources and journals.
Full Text:
PDFReferences
Al-anwari, Amirul Mukminin. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwijaya Mandiri. Jurnal Pendidikan, Vol. XIX, No.2 (2014)
Kresnawati, Novia. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.3 (2013)
Mulyana, R. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa. PPs United, Vol.6 No.2 (2009)
Nisa, Jakiatin dkk. Identifikasi Pembelajaran IPS Berbasis Literasi Geografi Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta didik. SOSIO DIDAKTA: Social Science Education Journal, Vol.4 No.1 (2017)
Novarlita, Irena. Model Pembelajaran Berbasis Litersi Geografi dalam Upaya Membangun Kecerdasan Ruang Peserta Didik. Bandung: Repository Universitas Pendidikan Indonesia. 2013.
Ruhimat, Mamat. Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Melalui Literasi Geografis. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Vol.1 No.1 (2017).
Sugiyanto, dkk. Studi Tingkat Kepemahaman Guru IPS SMP tentang Literasi Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol.26 No.2 (2017).
Supriya, dkk. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosakarya. 2009
Utaya, Sugeng, dkk. Memebentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Komunitas Pelajar Peduli Lingkungan Hidup (KPPLH). Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, Tema 7 No.4 (2017).
DOI: 10.24235/edueksos.v8i2.4372
Article Metrics
Abstract view : 182 timesPDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.