MUATAN ETIKA DAN MENTALITAS PADA KURIKULUM PENDIDIKAN AKUNTANSI

Nur Eka Setiowati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurangnya implementasi etika dan mentalitas dalam sistem pendidikan adalah salah

satu faktor penyebab dunia pendidikan di Indonesia jauh tertinggal dibandingkan dengan

negara-negara lain di Asia. Pengajaran etika dan mentalitas hakekatnya memberikan

pengetahuan etika dan mentalitas pada mahasiswa hanya pada tingkat moral perception

dan moral judgement. Untuk sampai pada tindakan (action), mahasiswa harus mempunyai

kesadaran tentang nilai-nilai Ketuhanan. Akuntansi sebagai disiplin ilmu harus

memberikan bekal pengetahuan etika dan mentalitas yang terintegrasi dengan mata kuliah

akuntansi, khususnya akuntansi keuangan. Teknik pengajaran yang digunakan adalah

diskusi kelas dengan memakai kasus yang relevan dengan topik yang dibahas.

Kata Kunci : Etika, Mentalitas, Pendidikan Akuntansi


Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2006. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Penerbit ARGA. Jakarta.

Herman Soewardi. 2001. Roda Berputar Dunia Bergulir, Bakti Mandiri, Bandung.

Issues, Problem, and Solution, Issues Accounting Education, hal 58-80

Keraf, Sony. 2001. Etika Bisnis – Tuntutan Dan Relevansinya, Cetakan Keempat, Kanisius, Yogyakarta.

Langendefer, H.Q dan Rockess.J.W. 1989. Integrating ethics into accounting curriculum:

Loeb, S.E. 1989. Teaching Students Accounting Ethics: Some crucial Issues: Issues Accounting Education, hal 316 – 329.

Molyneuaux, D. 2004. After Andersen: An Experience of Integrating Ethics into Undergraduat Accountancy Education, Journal of Business Ethics 54: 385-398

Mulawarman, Aji Dedi. 2007. Pensucian Pendidikan Akuntansi Episode Dua: Hiper View of Learning dan Implementasinya. The First Accounting Season: Revolution of Accounting Education. Bandung.

Rest, J.R. 1986. Moral Development: Advances in Research and Theory, New York, NY:Praegar

Siagian . SP . 1996. Etika bisnis, Seri manajemen No 177, PT Pustaka Binaman Pressindo.

Suseno, Franz Magnis.1997. Etika Dasar. Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Unti Ludigdo dan Mas’ud Machfoedz.. 1999. Persepsi Akuntansi dan Mahasiswa tentang etika Bisnis, Jurnal riset Akuntansi Indonesia. Vol.2, No 1, hal 1-19.

Unti Ludigdo dan Mas’ud Machfoedz.. 1999. Persepsi Akuntansi dan Mahasiswa tentang Etika Bisnis, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.2, No 1, hal 1-19.

Wulandari dan Sularso. 2002. Persepsi Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia : Studi Kasus di Surakarta, Perspektif.




DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.419

Article Metrics

Abstract view : 588 times
PDF - 659 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon