MUATAN ETIKA DAN MENTALITAS PADA KURIKULUM PENDIDIKAN AKUNTANSI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurangnya implementasi etika dan mentalitas dalam sistem pendidikan adalah salah
satu faktor penyebab dunia pendidikan di Indonesia jauh tertinggal dibandingkan dengan
negara-negara lain di Asia. Pengajaran etika dan mentalitas hakekatnya memberikan
pengetahuan etika dan mentalitas pada mahasiswa hanya pada tingkat moral perception
dan moral judgement. Untuk sampai pada tindakan (action), mahasiswa harus mempunyai
kesadaran tentang nilai-nilai Ketuhanan. Akuntansi sebagai disiplin ilmu harus
memberikan bekal pengetahuan etika dan mentalitas yang terintegrasi dengan mata kuliah
akuntansi, khususnya akuntansi keuangan. Teknik pengajaran yang digunakan adalah
diskusi kelas dengan memakai kasus yang relevan dengan topik yang dibahas.
Kata Kunci : Etika, Mentalitas, Pendidikan Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
Agustian, Ary Ginanjar. 2006. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Penerbit ARGA. Jakarta.
Herman Soewardi. 2001. Roda Berputar Dunia Bergulir, Bakti Mandiri, Bandung.
Issues, Problem, and Solution, Issues Accounting Education, hal 58-80
Keraf, Sony. 2001. Etika Bisnis – Tuntutan Dan Relevansinya, Cetakan Keempat, Kanisius, Yogyakarta.
Langendefer, H.Q dan Rockess.J.W. 1989. Integrating ethics into accounting curriculum:
Loeb, S.E. 1989. Teaching Students Accounting Ethics: Some crucial Issues: Issues Accounting Education, hal 316 – 329.
Molyneuaux, D. 2004. After Andersen: An Experience of Integrating Ethics into Undergraduat Accountancy Education, Journal of Business Ethics 54: 385-398
Mulawarman, Aji Dedi. 2007. Pensucian Pendidikan Akuntansi Episode Dua: Hiper View of Learning dan Implementasinya. The First Accounting Season: Revolution of Accounting Education. Bandung.
Rest, J.R. 1986. Moral Development: Advances in Research and Theory, New York, NY:Praegar
Siagian . SP . 1996. Etika bisnis, Seri manajemen No 177, PT Pustaka Binaman Pressindo.
Suseno, Franz Magnis.1997. Etika Dasar. Penerbit Kanisius, Yogyakarta
Unti Ludigdo dan Mas’ud Machfoedz.. 1999. Persepsi Akuntansi dan Mahasiswa tentang etika Bisnis, Jurnal riset Akuntansi Indonesia. Vol.2, No 1, hal 1-19.
Unti Ludigdo dan Mas’ud Machfoedz.. 1999. Persepsi Akuntansi dan Mahasiswa tentang Etika Bisnis, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.2, No 1, hal 1-19.
Wulandari dan Sularso. 2002. Persepsi Akuntan Pendidik dan Mahasiswa Akuntansi terhadap Kode Etik Akuntan Indonesia : Studi Kasus di Surakarta, Perspektif.
DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.419
Article Metrics
Abstract view : 588 timesPDF - 659 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.