POLA-POLA PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Mahasiswa memiliki tanggung jawab secara pribadi maupun sosial. Dalam hal ini pola
perilaku mahasiswa yang menggambarkan tanggung jawab tersebut adalah menunjukkan
perilaku yang diharapkan lembaga seperti aktif mengikuti perkuliahan, melaksanakan
tugas-tugas akademik, menghormati dosen, dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan
teman sebayanya. Kemampuan mahasiswa dalam penyesuaian diri adalah suatu proses
dinamik terus menerus yang bertujuan untuk mengubah perilaku guna mendapatkan
hubungan yang lebih serasi antara diri dan lingkungan kampus.
Full Text:
PDFReferences
Alex sobur. Psikologi Umum. Bandung : IKAPI, 2003.
Arkhoff. Adjusment and Mental Health, New York : Graww Hill,. 1968.
Hamzah B.Uno. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara,2006.
Kartini Kartono dan Jeni Andari. Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, Bandung : Mandar Maju, 1989.
Samsunuwijayati Mar’at & Lieke Indieningsih Kartono. Perilaku Manusia : Pengantar Singkat Tentang Psikologi. Bandung : Refika Aditama, 2006.
Syamsu Yusuf, L.N. Mental Hygiene : Perkembangan Kesehatan Mental dalam Kajian Psikologi dan Agama, Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2004.
W.A. Gerungan. Psikologi Sosial, Bandung : Refika Aditama, 2002.
Whitherington. Psikologi Pendidikan. Jakarta.: Rineka Cipta, 1991.
W.S.Winkel. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo, 1991
Zakiyah Darajat. Penyesuaian Diri. Jakarta.: Bulan Bintang, 1982.
DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.418
Article Metrics
Abstract view : 1315 timesPDF - 1393 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.