UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS
(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Pesatnya perkembangan zaman, menuntut dunia pendidikan mampu mencetak mahasiswa yang mampu bersaing dalam dunia kerja, dan mampu bertahan terhadap seleksi sosial yang berlaku di masyarakat. Apalagi mahasiswa IPS, dimana lulusannya berhadapan langsung dengan masyarakat dan diharapkan mampu memberikan solusi
terhadap isu sosial yang muncul di masyarakat. Hal ini menuntut mahasiswa IPS untuk mampu berpikir kritis dan kreatif.
Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis kontekstual (CTL), pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (CPS), pemilihan media dan sumber referensi yang sesuai, serta
mengajarkan konsep, generalisasi, isu sosial dan berbagai keterampilan IPS.
Kata Kunci : Berpikir kritis dan kreatif, Contextual Teaching and Learning (CTL), Creative Problem Solving (CPS)
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Baharuddin dan Makin. 2011. Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan). Jogjakarta : Ar Ruzz Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Mahmudi, Ali. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010.
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wahab, Abdul Aziz. 2009. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandunng : Alfabeta.
Mustaji. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kriti-dankreatif-
dalam-pembelajaran
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253026-pengertian-berpikir-kreatif/#ixzz1nBmv23ZR
http://hipni.blogspot.com/2011/09/strategi-pembelajaran-peningkatan.html
http://abdurrozaq.com/model-pembelajaran-creative-problem-solving
http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2034769-ciri-ciri-berpikirkritis/
DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.381
Article Metrics
Abstract view : 1103 timesPDF - 929 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.