RELEVANSI PSIKOLOGI LINTAS AGAMA DAN BUDAYA BAGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGANNYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tuhan – dengan segala qudrat dan iradat-Nya – telah mendesain dan membuat scenario terkait dengan sebuah keniscayaan yakni hidup dalam pluralitas, multicultural, atau berbhineka. Kebhinekaan kehidupan ini, akan lebih menarik ketika disiplin ilmu psikologi dihadapkan dengan pluralitas agama dan budaya. Agama adalah suatu fenomena abadi di dalam di sisi lain juga memberikan gambaran bahwa keberadaan agama tidak lepas dari pengaruh realitas di sekelilingnya. Seringkali praktik-praktik keagamaan pada suatu masyarakat dikembangkan dari doktrin ajaran agama dan kemudian disesuaikan dengan lingkungan budaya. Pertemuan antara doktrin agama dan realitas budaya terlihat sangat jelas dalam praktik ritual agama.
Kata Kunci : Psikologi Lintas Agama dan budya, relevansi, pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abd. Moqsith Ghazali. 2009. Metodologi Studi Al-Qur‟an. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Alef Theria Wasim. 2010. Psikologi Lintas agama dan Budaya. Materi Kuliah
------------------------. 2009. Argumen Pluralisme Agama: Membangun Toleransi Berbasis Al-Qur‟an. Jakarta: Kata Kita.
Ahmad Fauzi. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Setia.
David Matsumoto. 2008. Pengantar Psikologi Lintas Budaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaefudin Simon. 2010. Islam dan Pendidikan Multikulturalisme. Harian Media Indonesia 29 November 2010
Said Aqiel Siradj. 1999. .Islam Kebangsaan: Fiqih Demokratik Kaum Santri. Jakarta: Pustaka Ciganjur
Ulil Abshar Abdalla. 2010. Memikirkan Agenda Pembaharuan Islam ke Depan. Makalah pada Public Lecture institute Studi Islam Fahmina (ISIF).
Zuhairi Misrawi, 2010. Al-Qur‟an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil‟Alamin. Jakarta: Pustaka Oasis
file:///F:/M.Lutfi Mustofa. Blog Archive Polemik Metodolog dalam Studi Agama.htm
www.dikti.go.id/pendidikan agama dan multikulturalisme. artikel.
DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.364
Article Metrics
Abstract view : 645 timesPDF - 1803 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.