RELEVANSI PSIKOLOGI LINTAS AGAMA DAN BUDAYA BAGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGANNYA

Etty Ratnawati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tuhan – dengan segala qudrat dan iradat-Nya – telah mendesain dan membuat scenario terkait dengan sebuah keniscayaan yakni hidup dalam pluralitas, multicultural, atau berbhineka. Kebhinekaan kehidupan ini, akan lebih menarik ketika disiplin ilmu psikologi dihadapkan dengan pluralitas agama dan budaya. Agama adalah suatu fenomena abadi di dalam di sisi lain juga memberikan gambaran bahwa keberadaan agama tidak lepas dari pengaruh realitas di sekelilingnya. Seringkali praktik-praktik keagamaan pada suatu masyarakat dikembangkan dari doktrin ajaran agama dan kemudian disesuaikan dengan lingkungan budaya. Pertemuan antara doktrin agama dan realitas budaya terlihat sangat jelas dalam praktik ritual agama.

Kata Kunci : Psikologi Lintas Agama dan budya, relevansi, pengembangan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abd. Moqsith Ghazali. 2009. Metodologi Studi Al-Qur‟an. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Alef Theria Wasim. 2010. Psikologi Lintas agama dan Budaya. Materi Kuliah

------------------------. 2009. Argumen Pluralisme Agama: Membangun Toleransi Berbasis Al-Qur‟an. Jakarta: Kata Kita.

Ahmad Fauzi. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Pustaka Setia.

David Matsumoto. 2008. Pengantar Psikologi Lintas Budaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaefudin Simon. 2010. Islam dan Pendidikan Multikulturalisme. Harian Media Indonesia 29 November 2010

Said Aqiel Siradj. 1999. .Islam Kebangsaan: Fiqih Demokratik Kaum Santri. Jakarta: Pustaka Ciganjur

Ulil Abshar Abdalla. 2010. Memikirkan Agenda Pembaharuan Islam ke Depan. Makalah pada Public Lecture institute Studi Islam Fahmina (ISIF).

Zuhairi Misrawi, 2010. Al-Qur‟an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil‟Alamin. Jakarta: Pustaka Oasis

file:///F:/M.Lutfi Mustofa. Blog Archive Polemik Metodolog dalam Studi Agama.htm

www.dikti.go.id/pendidikan agama dan multikulturalisme. artikel.




DOI: 10.24235/edueksos.v1i1.364

Article Metrics

Abstract view : 645 times
PDF - 1803 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon