EVALUASI PEMBELAJARAN: Sebuah Kajian Teori
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pelaksanaan pembelajaran di kelas membawa konsekuensi kepada seorang guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya, sebab guru yang kompeten akan lebih mampu mengelola kelas dan melaksanakan evaluasi bagi siswanya baik secara individu maupun kelas. Evaluasi merupakan usaha untuk memperoleh informasi tentang perolehan belajar siswa secara menyeluruh, baik pengetahuan, konsep, sikap, nilai, maupun keterampilan proses. Hal ini dapat digunakan oleh guru sebagai balikan maupun keputusan yang sangat diperlukan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Untuk maksud tersebut guru perlu mengadakan penilaian, baik terhadap proses maupun terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: kurikulum, kompetensi, pembelajaran, evaluasiFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Brown, Douglas H. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.
Brown, Douglas H. 2001. Teaching by Principles. New York: Addison Wesley Longman.
Brown, James Dean. 1994. Elements of Language Curriculum: A Systematic Approach to Program Development. Boston: Heinle and Heinle.
Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teachers. 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press.
Pandjaitan, Mutiara O. 2003. Penilaian Berbasis Kelas dengan Portfolio. A Seminar paper presented at Indonesia University of Education.
Suherdi, Didi and Cece Rakhmat. 1998. Evaluasi Pengajaran. Proyek BP3GSD. Depdikbud RI.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Jakarta : Tamita Utama.
DOI: 10.24235/edueksos.v3i1.327
Article Metrics
Abstract view : 4309 timesPDF - 18173 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.