PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGANTISIPASITINDAKKRIMINALITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN)1 SINDANG INDRAMAYU

ahmad abdali(1*), aris suherman(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah kenakalan remaja, khususnya remaja usia sekolah atau remaja yang masih duduk dibangku sekolah mulai memasuki tingkat menghawatirkan karena sudah masuk ranah kriminalitas. Masalah ini bukan hanya tanggung jawab orang tua dan masyarakat saja tetapi juga tanggung jawab guru dan sekolah untuk mengatasi masalah tersebut, karena sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang diangap paling bertanggung jawab terhadap hasil pendidikan karakter seorang siswa. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dan upaya sekolah untuk menanggulangi masalah tindak kriminalitas siswa secara dini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang bagaimana peran pendidikan karakter dalam mengatasi tindak kriminalitas, serta peran pendidikan karakter dalam membentuk perilaku social siswa yang disiplin dan baik di SMKN I Sindang Indramayu.Dalam proses pendidikan harus bisa memahami fungsi sebuah tanggung jawab yang mesti dijalani dan tidak bisa ditinggalkan untuk orientasi memberikan bimbingan yang maksimal kepada peserta didik serta sesuai dengan makna pendidikan itu sendiri mencerdaskan anak bangsa juga memiliki sebuah etika dan akhlak yang baik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan menganalisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing / verification (penarikan kesimpulan).Berdasarkan analisis untuk penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, peran pendidikan karakter dalam mengantisipasi tindak kriminalitas siswa sangat relevan, disebabkan melalui kegiatan proses pendampingan dalam pembelajaran secara etika dan akhlak yang disempurnakan lebih baik. Menanamkan nilai-nilai perilaku sosial dilakukan melalui beberapa unsur pendidikan yang meliputi adanya tahap perencanaan, pelaksanaan, keteladanan, dan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Sindang Indramayu dengan melalui kegiatan yang rutin, kegiatan yang spontan, dan kegiatan yang terprogram. Hal tersebut bisa dilihat dari sebuah aktifitas keseharian di lingkungan sekolah bertahap memiliki etika dan akhlak yang baik.

 

Kata Kunci : Peran Pendidikan Karakter, Sikap Sosial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja: Petujuk Bagi Guru dan Orang Tua. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia (Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

Gunanwan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung : Alfabeta.

Hardianti. 2008. Kekerasan dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kartini, Kartono. 2005.Patologi Sosial. Jakarta: RajaGrafindo.

Kertajaya H .2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.

Koesoema, Doni A.2007.Pedidikan Karakter.Jakarta : Gramedia, Grasindo.

Majid, Abdul. 2010.Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung : RemajaRosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Mu’in, Fatchul. 2011.Pendidikan Karakter Kontruksi Teoritik & Praktik (Urgensi Pendidikan Progresif dan Peran Guru dan Orang Tua). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, B. 1995.Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan Penanggulanganya.Yogyakarta: Kanisius.

Munir, Abdullah. 2010.Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pedagogia.

Soedarsono. 2004. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendkatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2010. Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung:Remaja Rosdakarya.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: 10.24235/edueksos.v7i2.3171

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon