UPAYA GURU DALAM MENYIKAPI PERGESERAN PERILAKU SISWA DALAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA DI SMP NEGERI 18 KOTA CIREBON
(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini di latar belakangi karena Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan, Indonesia juga telah dikenal luas di mata dunia dengan budaya yang menjunjung tinggi keramahan, dan sopan santun. Nilai-nilai budaya dan karakteristik masyarakat Indonesia yang sangat kental dengan perilakunya yang santun, menjunjung tinggi gotong- royong, saling menghormati, dan menghargai orang lain terlebih dengan orang yang lebih tua. Namun, seiring berjalannya pengaruh globalisasi dan modernisasi bergeser pula perilaku dalam nilai- nilai budaya kebangsaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita yaitu berupa perilaku dan berbahasa santun pada orang lain terlebih pada orang yang lebih tua. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melawan terhadap bapak dan ibu guru, melanggar peraturan sekolah dan berbahasa yang tidak sopan. Contoh melotot pada saat diberikan perintah dan berbahasa yang tidak sopan terhadap bapak dan ibu guru. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dalam etnografi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pergeseran perilaku siswa dalam perspektif nilai-nilai budaya bangsa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran perilaku siswa yaitu faktor keluarga, faktor minim pendidikan orang tua, dan faktor perkembangan teknologi atau media massa. Dalam menyikapi pergeseran perilaku siswa di SMP 18 Kota Cirebon guru melakukan mengawasan, kerjasama dengan orang tua, hukuman/sanksi dan pembinaan mental melalui program-program yang religius. Dari hasil penelitian ini diharapkan para siswa menyadari pentingnya nilai-nilai budaya bangsa dan mengaplikasikanya sehingga diharapkan siswa memiliki perilaku yang lebih baik.
Â
Â
Â
Kata kuci : Perilaku, Bahasa, Budaya BangsaFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, muhammad. 2015. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara.
Al-Qusyairi, Syarif. 2009. Kamus Akbar Arab-. Surabaya : Giri Utama.
Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Atif, Nurul Falah. 2010. Teori-teori Psikologi Sosial. Bandung : Rafika Aditama
Adisusilo, 2014. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta : Raja Grafinda Persada.
Cahyaningsih, Nur. 2017. Pembinaan Sikap Sopan Siswa Terhadap Guru di MTs Negeri Rakit Kabupaten Banjar Negara. Skripsi. Purwokerto : Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Darmodiharjo, Mardojo. Dkk. 2000. Santiaji Pancasial. Surabaya : Usana Offset Printing.
Depdiknas. 2016. Empat Pilar MPR RI. Jakarta : Sekretariat MPR RI.
Elmubarak, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung : Alfabeta.
Herimanto. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta Timur : Bumi Aksara.
Ibrahim, Rusli. 2001. Pembinaan Perilaku Sosial Melalui Pendidikan Jasmanai. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
J. Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3170
Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.