KETERTOLAKAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Semenjak guru dituntut secara professional untuk melakukan penelitian, maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mulai diminati oleh guru. Mereka beramai-ramai melakukan PTK di kelas-kelas masing-masing. Yang menjadi permasalahan adalah ketika hasil penelitian mereka diajukan ke dewan penilai untuk mendapatkan kum, dimana beberapa dari hasil penelitian mereka tertolak. Salah satunya adalah karena ditemukan beberapa kesalahan yang terdapat pada laporan hasil PTK.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau “classroom action researchâ€adalah penelitian yang bersifat reflektif, dilakukan oleh pelaku tindakan (guru) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Kesalahan yang ada pada laporan hasil PTK yang menyebabkan tertolaknya hasil PTK oleh dewan penilai dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesalahan umum, kesalahan khusus, dan kesalahan lain. Oleh karena itu, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK berhasil yaitu kesediaan untuk mengakui kekurangan diri, kesempatan yang memadai untuk menemukan sesuatu yang baru, dorongan untuk mengemukakan gagasan baru, waktu yang tersedia untuk melakukan percobaan, kepercayaan timbal balik antar orang-orang yang terlibat, dan pengetahuan tentang dasar-dasar proses kelompok oleh peserta penelitian.
Â
Kata Kunci : Ketertolakan, PTK, Kesalahan, Keberhasilan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, et al. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara, 2009.
Natalia, Margaretha Mega dan Kania Islami Dewi.Penelitian Tindakan Kelas. Bogor : Regina, 2009.
Suyadi. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Diva Press, 2012.
Sukardi. Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Sukmadinata, Nana Syaodhih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.
http://syamsuddinrasyid.blogspot.com.Resume Buku PTK. Diunduh 08 September 2013
http://deden-rusdiana.blogspot.com/2011/08/pengertian-dan-karakteristikpenelitian_04.html . Diunduh tanggal 10 Oktober 2013
DOI: 10.24235/edueksos.v3i1.317
Article Metrics
Abstract view : 586 timesPDF - 1329 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.