PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PROGRAM MAPAG SURYA TERHADAP MINAT MEMBACA DAN MOTIFASI BELAJAR IPS SISWA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Dukupuntang)
(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Rendahnya minat membaca dan motivasi belajar IPS siswa di  SMP Negeri 1
Dukupuntang merupakan suatu problem bahwa kualitas literasinya masih rendah. Berdasarkan hal tersebut, SMP Negeri 1 Dukupuntang menjadi sekolah pelaksana Gerakan Literasi Sekolah di Kabupaten Cirebon yang diaplikasikan pada Program Mapag Surya dengan harapan  mampu berperan penting dalam menumbuhkan minat membaca dan motivasi belajar IPS siswa. Sehingga siswa siswa -siswi SMP Negeri 1 Dukupuntang menjadi warga sekolah yang literat dan pembelajar sepanjang  hayat.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendapatkan  deskripsi pelaksanaan Gerakan Literasi Sekoah  pada Program Mapag Surya, dan peran Gerakan Literasi Sekolah pada program Mapag Surya terhadap minat membaca dan motivasi belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Dukupuntang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 1 Dukupuntang. Penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus dan teknik  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini  berupa  data  teoritik dan  data  empirik,  sumber  data  teoritik  diambil  dari referensi buku-buku dan referensi lain yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi yang dilakukan peneliti. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian  data, dan  verifikasi  data.  Hasil  Penelitian menunjukan  bahwa  1) Gerakan Literasi Sekolah pada Program Mapag Surya berjalan secara continue, namun belum maksimal 2) keadaan minat membaca dan motivasi belajar IPS sebelum diterapkannya Gerakan Literasi Sekolah di nilai masih rendah 3) Gerakan Literasi Sekolah cukup berperan terhadap minat membaca dan motivasi belajar IPS siswa terbukti dengan adanya peningkatan, namun belum signifikan karena masih ada beberapa faktor penghambat kegiatan.
Â
Â
Â
Kata Kunci: Literasi, Minat, Motivasi.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. 2016. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sardiman. A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sardiman. A. M. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Soekanto Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Sugiyono. 2015. Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Pustaka Setia.
Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Retnaningdyah, Pratiwi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahmud. 2012. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Munadi ,Yudi. 2013. Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Surat Keputusan Kepala Sekolah. Nomor: 800/105/SMP. 026/ Kepeg. Tentang “Pembagian Tugas Guru, Wali Kelas, Wakasek, BK, Ekskul, Pengelola, Tim Pengembang Sekolah, Tim PKG Piket, dan Tata Usaha pada SMP Negeri 1 Dukupuntang. Tahun Pelajaran 2017/2018.
DOI: 10.24235/edueksos.v7i2.3167
Article Metrics
Abstract view : 205 timesPDF - 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.