PENERAPAN MODEL KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG KONFLIK SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTsN 2 CIREBON
(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Model klarifikasi nilai adalah pendekatan pendidikan nilai yang membuat peserta didik dilatih untuk menemukan, memilih, menganalisis, memutuskan, mengambil sikap  sendiri  nilai-nilai  hidup  yang  ingin  diperjuangkan.  Namun  dalam pengamatan peneliti menemukan penerapan model yang ada di sekolah hanya model konvensional yang kurang penanaman nilai, sehingga siswa kurang memiliki  keterampilan  pengambilan keputusan.  Tujuan  umum  penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik pada  mata  pelajaran  IPS  l  kelas  VIII  H pada  pembelajaran  IPS  di  MTsN  2
Cirebon.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII H di MTsN 2 Cirebon. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penerapan model klarifikasi nilai dilihat dari aktivitas guru pada siklus 1 72%, siklus 2 84%, siklus 3 90%. Keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik sosial dilihat dari aktivitas siswa pada siklus 1 55%, siklus 2 74%, dan siklus 3 80%. Peningkatan tes keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik rata-rata kelas pada pra siklus 67 menjadi 73 pada siklus 1 ke siklus 2 77 kemudian siklus 3 81. Ketuntasan pada pra siklus 20% kategori kurang terampil ke siklus I menjadi 45% kategori cukup terampil, kemudian dari siklus II 75% kategori terampil ke siklus III menjadi 87,5% kategori sangat terampil. Simpulan model klarifikasi nilai meningkatkan keterampilan pengambilan keputusn tentang konflik sosial pada pelajaran IPS.
Â
Kata Kunci: Model Klarifikasi Nilai, Keterampilan Pengambilan Keputusan, Konflik SosialFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Arini, Neni Setia. 2014. Pengaruh Model Kalrifikasi Nilai Berbasis Jurnal Terhadap Proses Internalisasi Nilai Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Tesis
Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Raja
Grapindo Persada
Muslimah, Erni. dkk. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan
Mengambil Keputusan dengan Penerapan POE pada Materi Hidrolisis
garam kelas XI-MIA 2 MAN KELUA Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal of
Chemistry And Education. Vol.1, No.1 hal 46-51
Riduan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta
Rofiq, Arif Ainur. 2015. Pentingnya Keterampilan Pengambilan Keputusan
Sosial Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmu Psikologi, Vol.2 No 2, hal 175-184
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Medi Grup
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Soetopo, Hendyat. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudaryono. 2014. Classroom Action Research. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sutarjo, Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai- Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Widodo, Wahono. 2009. Keterampilan pengambilan keputusan pada https://vahonov.files.wordpress.com/2009/07/keterampilan-pengambilan- keputusan.pdf. diakes pada 25 September 2017 pukul 11.25
DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3162
Article Metrics
Abstract view : 144 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.