PERAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUN SOSIALDALAM MEMBENTUK KARAKTER PLURALIS SISWA DI MTs N 11 CIREBON
(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran pendidikan IPS, karakter pluralis siswa dengan adanya pendidikan IPS, dan Faktor yang mendukung dan menghambat dalam membentuk karakter pluralis siswa di MTs N 11 Cirebon. Sebagai kerangka pemikir, Peran Pendidikan IPS merupakan pengupayaan pembentukan karakter pluralis siswa dalam dunia pendidikan sehingga menghasilkan keberhasilan dalam belajar dan mempunyai rasa toleransi atau, saling menghargai, saling percaya, dan gotong royong. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi patsisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulai.Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data teoritik dan data empirik, sumber data teoritik diambil dari referensi buku-buku dan referensi lain yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi yang dilakukan peneliti. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) proses pembelajaran pendidikan IPS di MTs N 11 Cirebon sudah maksimal, terbukti dengan proses perencanaa, pelaksanaa, dan tindak lanjut yang baik dilakukakn oleh guru mata pelajaran IPS kepada siswa-siswinya. 2) karakter pluralis siswa sudah mulai ditanamkan melalui proses pendidikan IPS Fakta-fakta yang menjadi upaya penanaman nilai pluralis pada siswa yaitu menghargai pendapat orang lain, toleransi, kebebasan yang bertanggung jawab. Sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif, berguna bagi nusa dan bangsa, memiliki masa depan yang cerah dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.
Â
Â
Kata Kunci: Peran Pendidikan IPS, Karakter PluralisFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Azwar, Saefudin. 1997. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bagir, Zainal Abidin dkk. 2011. Pluralisme Kewargaan. Bandung: Mizan.
Baidhawy, Zakiyuddin. 2007. “Pendidikan Agama Berwawasan Multikulturalâ€.
Jakarta: Erlangga.
Kuntowijoyo. 2017. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Yogyakarta: Tiara
Wicana.
Kesuma, Dharma dkk. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk
Membangun Bangsa. Jakarta: BPMGAS.
Moeljono Cokrodikardjo. 1980. Pendidikan IPS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar . Moleong, J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda
Karya.
Nadir, dkk. 2009. Pendidikan Ilmu Penegtahuan Sosial. Jakarta : Rineka Cipta. Soemantri, Muhammad Numan. 1998. Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.
Suwarno, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang sistem- pendidikan-nasional/ diakses pada tanggal 02 Januari 2018 pukul 10.20
WIB.
DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3160
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF - 565 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.