PENGARUH PEMBERIAN REFLEKSI TUGAS INDIVIDUAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH PUTRI PUI KABUPATEN MAJALENGKA

Diah Ayu Nurfaidah(1*), Nur yana(2),


(1) IAIN SNJ
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitianini di latarbelakangidiketahui bahwa pada mata pelajaran Sosiologi telah dilakukan pemberian refleksi oleh guru berupa pemberian tugas individual siswa. Selain itu juga tugas individual yang dikumpulkan kemudian telah diberi feedback oleh   guru.   Namun   demikian   pada   kenyataannya   meskipun   guru   sudah memberikan respon yang baik terhadap tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa, tetapi   dalam   realita   disinyalir   bahwa   masih   saja   ditemukan   beberapa permasalahan, diantaranya  yaitu siswa diindikasikan kurang termotivasi dalam belajar, prestasi siswa yang cenderung masih rendah bahkan tugas-tugas yang dibuatnya cenderung kurang berkualitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberian refleksi tugas individual siswa pada mata pelajaran sosiologi, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan dilakukannya refleksi tugas individual siswa pada mata pelajaran sosiologi dan mengetahui pengaruh pemberian refleksi tugas individual siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi di Madrasah Aliyah Putri PUI Kabupaten Majalengka.Tugas individual yang diberikan berupa tugas menyelesaikan soal, membuat  rangkuman,  membuat  makalah  dan  lain-lain.  Setelah  diberikannya tugas-tugas  tersebut  guru  melakukan  refleksi  terhadap  tugas  yang  diberikan dengan kata lain memberikan feedback dengan tujuan untuk memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.Cara pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif regresional dengan teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes yang didapatkan dari guru sosiologi.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, linearitas, korelasi, regresi, dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil uji regresi dengan nilai signifikasi 0,01 lebih kecil dari 0,05. Serta dilihat dari hasil uji koefisien determinasi, pemberian refleksi tugas individual siswa memberi kontribusi  terhadap  hasil  belajar  sebesar  75,3%  dan  sisanya  sebesar  24,7% ditentukan oleh faktor-faktor yang lain. Adapun dari hasil uji t diperoleh   ��ℎ????��????????

(3.913) lebih besar dari �������????    (2.602) maka Ho ditolak, artinya bahwa  terdapat

pengaruh antara pemberian refleksi tugas individual siswa terhadap hasil belajar

pada mata pelajaran sosiologi di MA Putri PUI Kabupaten Majalengka.

 

Kata kunci: Refleksi, Tugas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. Arifin, Zaenal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharmini. (2011). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara.

Dahar, Ratna Willis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Darmawan, Deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Dirman dan Juarsih. (2014). Penilaian dan Evaluasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Fajar, Arnie. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. Irianto, Agus. (2010). Statistik. Jakarta : Kencana Prenada.

Marzuki, Saleh. (2012). Pendidikan Nonformal. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasehudin, Toto Syahtori dan Gozali Nanang. (2012). Metodologi Penelitian

Kuantitatif. Bandung : Pustaka Setia

Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sadirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo

Persada.

Siregar, Evelin dan Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta : Ghalia Indonesia

Suyono dan Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Sudaryono. (2004. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Lentera Ilmu

Cendekia.

Sudijon, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo

Persada.

Sudjana, nana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar

Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Uny press Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara

https://www.inirumahpintar.com.manfaat/refleksi-pembelajaran.2016.Diakses pada tanggal 13 februari pukul 21:13

Nevelmagelap.wordpress.com//variabel-penelitian-html. Diakses pada tanggal 24 februari pukul 10:07

Triatra.wordpress.com//populasi-dan-sampel. Diakses pada tanggal 24 februari pukul 08:43

www. Sepengetahuan.som//hipotesis. Diakses pada tanggal 30 april 2018




DOI: 10.24235/edueksos.v7i1.3104

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon